Penjelasan Singkat Tentang Hardware Komputer

hardware


Tiga bagian komputer yaitu hardware, software, brainware, mempunyai fungsi masing-masing yang saling melengkapi. Dengan kata lain, ketiga bagian tersebut selalu ada pada suatu sistem yang melibatkan komputer. 

Pembahasan kita mulai dari hardware. Sesuai arti katanya, hardware adalah perangkat keras yaitu semua komponen komputer yang kasat mata, wujud bendanya dapat kita lihat. Contoh, motherboard, procesor, RAM, Harddisk, Power supply, Monitor, keyboad/mouse, casing dan seterusnya.

Motherboard. Secara visual motherboard terlihat lebih lebar/besar dibanding hardware yang lain, fungsi motherboard adalah memanajemen semua hardware yang terhubung ke motherboard. Besaran yang di manajemen atau yang di atur adalah kelistrikan, intruksi dan data. Yang membedakan suatu motherboard dengan motherboard yang lain adalah kompatibel dengan generasi processor yang di usungnya, tipe RAM nya, kelengkapan input/output nya dan seterusnya.

motherboard

Processor. Hardware yang menempel pada socket motherboard. Dengan ciri fisik terdapat heatsink (penyerap panas) di permukaan luarnya. Fungsinya sebagai pusat komputasi/perhitungan semua operasi yang dilakukan komputer. Processor terbagi kedalam 3 mayoritas merk processor yaitu Intel, AMD dan processor buatan Apple. Generasi komputer biasanya merujuk kepada processor yang digunakan pada saat itu. Misal ditahun 2022 ini, intel sudah membuat processor tipe i9. 

processor


Besaran yang digunakan dalam klasifikasi processor adalah kecepatan intruksi yang di proses perdetiknya. Jumlah core juga digunakan untuk pembeda antar processor.

RAM (random access memory). Hardware ini bertanggung jawab dalam menyimpan intruksi dan data selama komputer beroperasi, bersifat sementara. Artinya intruksi dan data otomatis hilang dari RAM saat komputer di matikan. Jenis RAM mulai dari yang paling lama sampai terbaru, diantaranya EDO RAM, SD RAM, DDR, DDR2, DDR3, DDR4. Di tahun 2022 DDR4 merupakan tipe RAM yang tercanggih. Besaran yang digunakan sebagai spesifikasi sebuah RAM adalah kecepatan dan kapasitas penyimpanannya. 


ram

Harddisk. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sistem operasi dan data. Proses instalasi komputer, dengan kata lain adalah untuk meng konfigurasi dan menyimpan sistem operasi di harddisk. Data yang disimpan dalam harddisk akan seterusnya disimpan walaupun komputer di matikan. Jenis terbaru dari harddisk adalah SSD (solid state drives) yang tidak memerlukan mekanik untuk memutar disc. Sehingga komputer lebih senyap dan loadingnya lebih cepat. Besaran yang di gunakan adalah kapasitas penyimpanannya, misal 100GB (gigabyte), 500 GB, 1 TB (terabyte).

Power supply. Berfungsi mengubah sumber listrik PLN berupa tegangan 220 AC (alternating current) menjadi DC (direct currenti). Tanpa power supply, mustahil komputer bisa nyala. Untuk memberikan tegangan DC yang cukup ke komputer, power supply harus memenuhi daya yang dibutuhkan. Misal 350 Watt, 500 watt, 550 watt atau lebih tinggi lagi.

Monitor. Melengkapi komputer agar bisa digunakan, tentunya harus ada monitor, yang berfungsi menampilkan gambar operasi yang sedang berjalan, yang dilakukan komputer. Orang yang menggunakan komputer bisa mengoperasikannya karena melihat tampilan di monitor. Jenis monitor ada banyak macamnya, diantaranya CRT (cathode ray tube), LCD (liquid crystal display), LED (light emitting diode) dan Plasma. Spesifikasi monitor di kategorikan sebagai berikut, 720p (pixel), 1080p, 4K, 8K. 

Keyboard dan Mouse. Pasti semua mengenal 2 hardware ini. Keyboard untuk meng input angka, huruf, simbol dan fungsi tertentu. Sedangkan mouse untuk menggerakkan pointer/cursor pada posisi yang di inginkan pada monitor.

Itulah sekilas tentang hardware pada komputer. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Penjelasan Singkat Tentang Hardware Komputer"