Simulasi Gerbang Logika dengan logic.ly

logicly



Gerbang logika adalah gambar imajiner yang merepresentasikan operasi bilangan biner. Semua perangkat yang bersifat digital pasti menggunakan gerbang logika untuk beroperasinya. Gerbang logikanya berupa transistor yang dikemas ke dalam microchip. Transistor-transistor tersebut jumlahnya ribuan bahkan jutaan, membentuk ribuan gerbang logika. Dari beribu-ribu gerbang logika membentuk suatu sistem yang spesifik, menghasilkan microcontroller.

Memahami prinsip kerja gerbang logika mungkin agak susah, karena bilangan yang digunakan adalah bilangan biner yang sangat berbeda dengan bilangan desimal yang kita kenal selama ini.

Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk belajar memahami gerbang logika. Diantaranya circuit maker, proteus, tinkercad dan lain-lain.

Kali ini kita akan belajar gerbang logika berbasis web atau gerbang logika online yaitu logic.ly. Artinya selama simulasi dilakukan harus tetap terkoneksi ke internet. Sebetulnya bisa praktek secara offline dengan cara mendownload terlebih dahulu aplikasinya, tapi untuk pengenalan kita belajar gerbang logika online, selanjutnya boleh download yang versi trial atau berbayar.

Untuk memulai, pastikan terhubung ke internet. Buka browser lalu ketik logic.ly/demo di address, akan tampil halaman antar muka logic.ly.


Sebagai contoh simulasikan gerbang logika online untuk AND, simbol gerbang logika online AND dan tabel kebenarannya seperti di bawah ini


Pada sidebar sebelah kiri, ada menu Logic Gates


Pilih AND Gate, drag ke layar utama. Gerbang logika AND yang akan disimulasikan mempunyai 2 input dan 1 output. Berikutnya menambahkan input dan output.

Masih pada sidebar, geser ke arah atas. Ada menu Input Controls dan Output Controls


Dua input kita gunakan 2 buah toggle switch, output berupa Light bulb. Komponen-komponen tersebut kita drag ke layar utama.


Kemudian hubungkan toggle switch yang atas sebagai input pertama gerbang AND. Caranya klik bulatannya, akan muncul seperti kurva penghubung yang mengikuti arah bergesernya kursor. Arahkan ke bulatan input gerbang AND yang pertama atau yang bagian atas. Klik pada bulatan tersebut. Maka akan tersambung.


Lakukan pada komponen lain. Setelah selesai merangkai, lengkapi dengan label, disesuaikan dengan tabel kebenaran. Menu Other ada pada bagian paling bawah. Disitu ada Label untuk menambahkan keterangan rangkaian. Edit tulisannya pada jendela yang muncul pada pojok kanan bawah.



Tambahkan label pada rangkaian, hingga hasilnya seperti ini.


Rangkaian siap untuk di simulasikan. Beri nilai 1 pada input A (atas), dengan cara meng klik toggle switch ke posisi ON


Keadaan tersebut diartikan A = 1, B = 0, output X = 0, Cek hasilnya dengan tabel kebenaran. Kemudian keadaannya di ubah, A = 1, B = 1. Berapa nilai output ?



Lampu menyala, artinya output bernilai X = 1. Bandingkan hasilnya dengan tabel kebenaran. Persis sama.

Itulah cara menggunakan logic.ly untuk simulasi gerbang logika online. Untuk membuat rangkaian dengan beberapa gerbang logika dalam satu rangkaian, bisa dilakukan. Caranya sama, tinggal drag and drop, kemudian sambungkan. Setelah itu disimulasikan.

Semoga bermanfaat.

3 komentar untuk "Simulasi Gerbang Logika dengan logic.ly"