Setting IP Address Static di Windows 11

ip address static


Komputer, baik itu desktop maupun laptop sudah dilengkapi dengan perangkat wireless untuk memenuhi koneksi internet. Namun suatu ketika diperlukan juga koneksi internet melalui kabel, misal untuk ke stabilan koneksi, kebutuhan bandwidth yang besar atau ingin melakukan konfigurasi perangkat misal router. Pada saat menginginkan koneksi dengan kabel jaringan, diharuskan setting dahulu IP address pada komputer. Bila koneksi yang tersedia sudah DHCP Server, proses setting IP address hanya memerlukan satu langkah yaitu mengubah pengaturan jaringan ke automatically, IP address akan ter setting secara otomatis.

IP Address Static

Tidak selalu koneksi tersedia dengan mode DHCP, bisa jadi non-DHCP, artinya setting IP Address dilakukan secara manual. IP address ditentukan sendiri, mengikuti network yang tersedia pada jaringan tersebut. Selesai setting IP address, maka IP address tidak akan berubah sebelum kita mengubahnya. Kondisi ini disebut IP address static. Berbeda dengan setting IP DHCP, IP address akan berubah sendiri mengikuti network jaringan yang tersedia dengan mode DHCP.

Langkah-langkah setting IP static, berbeda pada setiap sistem operasi (OS).  OS Windows berbeda dengan OS Linux dalam pengaturan IP  address. OS windows juga terdapat perbedaan untuk masing-masing versinya. Windows 7 dan Windows 11 sedikit berbeda pada langkah awal, walaupun sebenarnya sama.

Setting IP Static di Windows 11

Ada dua cara umum yang bisa dilakukan, pertama setting IP address seperti pada windows 7, yang kedua setting IP address dengan cara baru, agak mirip dengan setting di OS linux mode GUI.

Pertama:
1. Masuk ke control panel windows 11


click windows



control panel



2. Pilih Network and Sharing Center


network and internet

network and sharing center



3. Di jendela Network and sharing center ada beberapa menu yang bisa kita pilih untuk konfigurasi jaringan di komputer tersebut. Saat ini kita pilih Change adapter settings


change adapter setting



4. Ada beberapa interface yang tersedia di komputer, kita pilih interface dengan nama merk Lan Card. Double click pada Ethernet (koneksi menggunakan kabel jaringan)


ethernet



5. Pilih Internet Protocol Version (TCP/IPv4) kemudian click properties


tcpv4



6. Setting IP address DHCP, pilihan pada Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically. Karena kita akan melakukan konfigurasi IP Static, pilihan pada Use the following IP address. Di lanjutkan dengan mengisi IP address, subnet mask, Default gateway. Jangan lupa untuk mengakhiri eksekusi dengan meng-click  OK


ip dhcp


use the following



7. Setting  IP address cara pertama telah selesai. Apakah IP telah tersetting dengan benar atau belum ? lakukan tes di command prompt. Ketik perintah ping, ke alamat IP address yang kita setting. Bila reply berarti setting alamat IP static sukses dilakukan


command prompt



Kedua :
1. Setting IP static Cara kedua, berbeda dengan cara pertama. Untuk akses ke pengaturan jaringan menggunakan icon bulatan seperti bola dunia (catatan: jaringan belum terkoneksi) di pojok kanan bawah. Klik kanan icon tersebut. Kemudian klik Network and internet settings


network



2. Tampil jendela untuk pengaturan jaringan. Pilih ethernet karena kita akan kofigurasi jaringan menggunakan kabel


ethernet



3. Di jendela ethernet pilih Edit, Kemudian pilih manual. Dilanjutkan dengan meng aktifkan IPv4.


IP assignment



chose manual



ipv4 active



4. Sekarang kita tentukan IP address yang di inginkan. Pada cara kedua, pengisian sampai ke Preferred DNS. Kemudian click Save.


ipv4 settings



5. Setting IP address telah dilakukan, cek IP address dengan melakukan tes ping di command prompt.


ping




Itulah 2 cara setting IP address static di Windows 11. Selamat mencoba.





Posting Komentar untuk "Setting IP Address Static di Windows 11"