Menggunakan Aplikasi Termux Untuk Tools Jaringan

termux icon



Tools jaringan yang sering di pakai pada sistem operasi windows adalah command prompt (CMD). Tampilan jendela ber warna hitam ini sangat sering digunakan sebagai tools troubleshooting jaringan. Command prompt sama seperti Terminal di sistem operasi linux. Keduanya bebasis CLI (command line interface).

Perintah Dasar Command Prompt

Ada banyak perintah yang bisa digunakan di CMD, namun pembahasan di artikel ini hanya pada perintah-perintah yang dasar yang sering di gunakan untuk troubleshooting jaringan.

  • ping, Perintah ini digunakan untuk cek koneksi jaringan, untuk LAN maupun WAN. Sintaknya ping 192.168.23.1 (untuk LAN, IP private) atau ping ditempel.com (untuk WAN, IP public/Domain). Indikasi koneksi terjalin dengan baik, adanya reply dari IP tujuan. Muncul time dan TTL.
cmd screen
  • ipconfig /all, digunakan untuk mengetahui IP address host/komputer yang menjalankan CMD saat ini. Sintaknya ipconfig, untuk mengetahui alamat IP address saja. Bila ditambahkan ipconfig /all tampil IP address dan MAC Address komputer host.
  • tracert, melacak paket data dalam perjalanan melalui jaringan menuju ke server/tujuan. setiap paket memiliki TTL untuk setiap hop nya.
  • nslookup, mengetahui domain dan ip address dari server/tujuan. Dan masih banyak perintah di CMD yang bisa diterapkan untuk troubleshooting jaringan di sistem operasi windows.

Aplikasi Termux

Lalu adakah aplikasi yang bisa di gunakan untuk troubleshooting jaringan, yang berjalan di sistem operasi android ? Ada banyak. Salah satu aplikasi tersebut adalah termux

Mengapa kita perlu aplikasi yang berjalan di android ? Saat ini smartphone banyak dimiliki setiap orang dan koneksi wireless juga hampir di setiap tempat ada. Tentunya koneksi yang disediakan oleh provider telekomunikasi, memberi andil besar dalam penyediaan koneksi wireless ini.

Net-tools termux tersedia di Play Store, kapasitasnya 17 MB. Untuk bisa menggunakan termux harus install dulu dari play store.

termux play store


Termux sebenarnya adalah terminal yang berjalan di android, perintah-perintah yang digunakan sama dengan perintah untuk sistem operasi linux. Dan tentu saja berbasis CLI, semua perintah harus di ketik terlebih dahulu

icon termux


Jalankan termux, akan tampil antar muka termux

termux screen


Menulis perintah di ketik setelah tanda $. Tambahan tombol berada di bawah, diperlukan saat membutuhkan kombinasi tombol, misal CTRL + C ( membatalkan proses ). Misal kita melakukan perintah ping ke domain. Ketik ping ditempel.com

ping termux


Berbeda dengan command prompt, ping di termux akan terus menerus reply kalau tidak di stop. Pilih CTRL kemudian huruf C.

Untuk mengetahui alamat IP address handphone, ketik perintah ifconfig

ifconfig termux


Lihat interface wlan0, tertulis inet 10.10.12.36, itu adalah IP address handphone. 

Itulah beberapa perintah yang digunakan pada termux. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Menggunakan Aplikasi Termux Untuk Tools Jaringan"