Menu Netwatch dan Fungsinya Pada Router Mikrotik

netwatch



Menu Netwatch di router MikroTik adalah salah satu fitur yang memungkinkan untuk memantau koneksi jaringan dan mengambil tindakan berdasarkan status koneksi yang ditentukan. Netwatch dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti memantau ketersediaan jaringan, mengonfigurasi tindakan yang akan diambil saat jaringan terputus atau pulih, dan mengirimkan notifikasi ke administrator saat terjadi perubahan status jaringan.

Menu Netwatch

Menu netwatch dapat diakses dengan meng klik Tool > Netwatch


netwatch



Ada beberapa pengaturan yang harus di lakukan.
  • Host, di isi dengan alamat IP address router. Bisa juga alamat interface yang akan di monitor

netwatch menu


  • Interval, waktu yang dibutuhkan antar ping yang dilakukan. Misal ping kesatu di kirim ke alamat host, kemudian reply atau non reply, kemudian ping kedua dikirim. Waktu antara ping ke satu dan ping kedua, lamanya sesuai interval yang di isikan. Misalnya, jika mengatur interval 10 detik, router MikroTik akan mengirimkan ping setiap 10 detik ke host yang dimonitor.
  • Timeout, waktu tunggu maksimum yang akan diberikan sebelum dianggap host tidak merespons. Jika host tidak merespons dalam waktu timeout yang ditentukan, maka akan dianggap host tersebut tidak tersedia.
  • Up Script, skrip yang akan dijalankan saat koneksi host berubah menjadi "up".

up state


  • Down Script, kebalikan dari Up Script, skrip ini dijalankan saat koneksi host berubah menjadi "down".

down state


   

Fungsi Netwatch

Netwatch pada router MikroTik memiliki fungsi utama sebagai berikut:

1. Memantau Ketersediaan Jaringan: Netwatch memungkinkan Anda memantau ketersediaan host atau alamat IP tertentu dalam jaringan Anda. Dengan mengatur host yang ingin dipantau, router MikroTik secara teratur akan memeriksa status koneksi ke host tersebut.

2. Mendeteksi Perubahan Status Koneksi: Netwatch dapat mendeteksi perubahan status koneksi host yang dipantau. Jika koneksi ke host menjadi aktif atau tidak aktif, Netwatch akan mencatat perubahan tersebut.

3. Mengambil Tindakan Otomatis: Dengan Netwatch, Anda dapat mengkonfigurasi tindakan yang diambil secara otomatis saat terjadi perubahan status koneksi. Misalnya, Anda dapat menentukan skrip yang akan dijalankan untuk mengirim notifikasi, merestart perangkat, atau mengambil tindakan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Memantau Ketersediaan Layanan: Selain memantau koneksi host, Netwatch juga dapat digunakan untuk memeriksa ketersediaan layanan atau port tertentu di host yang dituju. Misalnya, Anda dapat memantau ketersediaan layanan web (HTTP) atau layanan email (SMTP).

5. Membantu Pemantauan Jaringan: Dengan Netwatch, Anda dapat memantau jaringan secara proaktif. Anda dapat mengidentifikasi masalah koneksi atau layanan segera setelah terjadi perubahan status, sehingga memungkinkan untuk mengambil tindakan cepat dan mencegah gangguan yang lebih besar.



Posting Komentar untuk "Menu Netwatch dan Fungsinya Pada Router Mikrotik"