Apa itu PLC ? Mengenal PLC Omron CP1E-N20DR-A





Pernah mendengar kata PLC? Seperti yang kita ketahui PLC digunakan di pabrik-pabrik pada bagian produksi, dimana produk dibuat, dibentuk, diolah, dicampur dan pada bagian akhir di packing. Semua itu memerlukan suatu sistem yang dapat mengkoordinir semua lini pada bagian produksi maupun packing. Sistem tersebut dilakukan oleh karyawan dengan bantuan alat di sebut PLC. Jadi betapa pentingnya peran PLC dalam suatu pabrik.

PLC kepanjangan dari programmable logic controller. Dari arti kata PLC adalah Unit kontrol/kendali yang dapat diprogram. Unit kendali di gunakan untuk mengontrol berbagai proses elektro-mekanis untuk digunakan dibidang manufaktur, pabrik atau bidang lainnya yang memerlukan otomatisasi.

Ada beberapa merk PLC yang terdapat dipasaran, tapi yang paling banyak dipakai adalah merk OMRON. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh dengan PLC Omron tipe CP1E-N20DR-A. 


Arti dari kode tersebut adalah plc omron cp1e yang mempunyai konektor comm, jumlah port 20 (input/output). Input harus berupa tegangan DC dan tipe output berupa relay  dengan power supply tegangan AC. Keterangan plc omron cp1e bisa dilihat pada gambar dibawah.


Untuk merk lain selain plc omron cp1e, aturan penamaan nya juga berbeda. Keterangan diatas hanya untuk merk plc omron cp1e.


Seperti umumnya bentuk PLC, Omron CP1E-N20DR-A berbentuk kotak berwarna hitam. Pada bagian atas terdapat label untuk memberi petunjuk konfigurasi dan pemasangan PLC.

Koneksi ke catu daya, input dan output dengan menggunakan sekrup, sehingga memudahkan dalam pemasangan.



PLC jenis ini dibagi dua bagian Input dan Output. Pada bagian input (IN) ada 12 port untuk input ditambah untuk power supply. Pada bagian output (OUT) ada 8 port. Sekarang kita bahas satu persatu keterangan label pada PLC Omron CP1E N-20DR-A

Pertama power supply, karena menggunakan sumber tegangan AC 1 phasa, cuma butuh 3 port yaitu phasa,netral dan ground. Hubungkan 3 kabel dari tegangan listrik PLC ke port L1, L2/N, dan ground. Perhatikan gambar berikut.


Pada saat pemasangan, pastikan kabel power dari tegangan AC tidak bersentuhan dengan kabel input di sampingnya, untuk menghindari konsleting.

Berikutnya Input, terdapat 12 input port 00 sampai dengan port 11.  Input berasal dari sensor, push button, atau peralatan input lainnya dengan catatan input harus bekerja di tegangan 24 volt. Untuk polaritas ada 2 metode pemasangan, common positive atau common negative. Misal input masuk ke port nomor 1 menggunakan common positive, maka polaritas positif (+) ke port COM dan port nomor 1 untuk polaritas negatif. Bila jumlah input lebih dari satu, port COM bisa diparalel.



Kemudian output, terdapat 8 port. dengan jumlah port COM 4 buah. Untuk output, tegangan yang dipakai bisa tegangan DC atau tegangan AC sesuai keperluan. Mode pemasangan juga ada dua pilihan common positive dan  common negative



Yang perlu diperhatikan pada pemasangan output adalah port COM. Perhatikan gambar berikut ini.



Terlihat garis tebal yang mengelilingi port 01 dan COM dibawahnya. Bila output yang dipakai port 1 maka COM nya yang dipakai yang dikelilingi dengan garis tebal dengan port 1. Untuk port 2 dan 3 COM yang dipakai berbeda dengan COM milik port 1.



Perhatikan gambar diatas, petunjuk tanda panah warna merah adalah COM untuk port 2 dan 3, bila diperhatikan port 2, 3 dan COM nya, dikelilingi garis tebal. Untuk port yang lain bisa dilihat pada gambar sebelumnya COM mana yang dipakai.

PLC membutuhkan port yang digunakan memprogramnya, yang dihubungkan ke komputer. Port tersebut sudah disediakan pada PLC. Yaitu port USB


Kabel USB yang yang dipakai seperti yang digunakan pada printer

Berikutnya, port COMM atau communication port



Port comm digunakan untuk menghubungkan PLC dengan HMI (human machine interface) yaitu alat semacam monitor layar sentuh yang digunakan untuk mengendalikan PLC secara live, yang sebelumnya sudah di program terlebih dahulu.



Itulah bagian-bagian plc omron cp1e yang wajib diketahui sebelum melakukan setting dan konfigurasi PLC. Semoga bermanfaat.



Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A








  • 2 komentar untuk "Apa itu PLC ? Mengenal PLC Omron CP1E-N20DR-A"