Menghubungkan Sensor Proximity Induktif Autonics Ke PLC

prdl30-25dp
Pada bahasan sebelumnya, tentang jenis-jenis sensor proximity. Dijelaskan sensor proximity jenis induktif digunakan untuk mendeteksi benda yang mengandung logam. Bisa logam seutuhnya atau bahan non-logam tapi dilapisi logam.

Ada banyak merk sensor proximity yang beredar dipasaran. Dari yang berharga puluhan ribu sampai jutaan. Sebanding dengan kualitas dan ketahanan yang diberikan. Pada artikel ini, kita akan bahas sensor proximity merk autonics. Sensor dengan merk autonics termasuk kelas menengah, harga tidak terlalu mahal tapi kualitas bisa di handalkan.

prdl30-25dp detail
www.ditempel.com

Gambar diatas adalah sensor proximity induktif merk autonics. Dengan kode produk PRDL30-25DP jenis PNP. Ada 3 kabel pada output, warna coklat, biru dan hitam. Yang berwarna coklat terhubung ke sumber tegangan 24 Vdc. Warna biru ke 0 Vdc. Warna hitam ke bagian input PLC dengan catatan comm inputnya dihubung ke 0 Vdc. Sebenarnya kabel warna hitam harus terhubung ke 0 Vdc tapi harus melalui beban. Bebannya adalah PLC. Aplikasi pada diagram ladder bisa sebagai NO (normally open) atau NC (Normally close).

Sensor sebagai NO

Kita buat diagram ladder seperti berikut

NO proximity induktif
www.ditempel.com

Kemudian hubungkan sensor dengan PLC, lihat gambar dibawah

plc proximity induktif
www.ditempel.com

PLC yang digunakan OMRON CP1E-E20 dilengkapi dengan terminal eksternal untuk memudahkan pemasangan dan melindungi baut PLC dari kerusakan karena bongkar pasang. Seperti pada gambar, kabel warna coklat dihubung ke 24 Vdc, biru ke 0 Vdc, hitam ke port 0.00 (port input yang digunakan sesuai dengan diagram ladder). Untuk COM input dan output dihubung ke 0 Vdc. 


on off proximity induktif
www.ditempel.com

Diagram ladder di transfer ke PLC kemudian PLC di jalankan. Dekatkan benda logam ke sensor maka sensor akan menyalakan LED. Saat benda logam di jauhkan, LED akan padam.

Sensor Sebagai NC

Buat diagram ladder yang baru atau edit diagram ladder sebelumnya, seperti ini

nc proximity induktif
www.ditempel.com

Port yang digunakan masih sama, sehingga tidak perlu merubah port yang sudah terpasang. Transfer diagram ladder dan jalankan. 

nc proximity induktif
www.ditempel.com


Akan terjadi sebaliknya, lampu terus menyala hingga benda logam di dekatkan. 

Itulah cara menghubungkan sensor proximity induktif jenis PNP ke PLC, tergantung dari aplikasi yang ingin diterapkan bisa sebagai NO ataupun NC.


Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A
  • Proximity Induktif Autonics PRDL30-25DP
  • Posting Komentar untuk "Menghubungkan Sensor Proximity Induktif Autonics Ke PLC"