Belajar Python dengan Programiz dan Thonny




Bahasa pemrograman yang populer saat ini adalah Python, mengapa python karena kemudahan dalam penggunaannya. Bagi para pemula yang baru sama sekali belajar bahasa pemrograman, python gampang dimengerti dan dipelajari.

Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk belajar python. Untuk platform windows ada thonny, yang ingin belajar python di android bisa menggunakan programiz. Mari kita simak bagaimana cara install di platform windows.

Pertama download dulu aplikasi thonny di web official nya.



Setelah selesai di download, jalankan file exe nya, proses instalasi dimulai


Ikuti semua langkah-langkahnya, jangan lupa pilih create dekstop icon untuk memudahkan kita mengaksesnya.



Bila proses instalasi sukses jalankan thonny, tampilan awal seperti ini


Ada dua jendela yang tampil. Diatas adalah jendela user interface bidang untuk input scriptnya. Jendela shell dibawah adalah outputnya, tampilan hasil dari running program diatas. Saat dijalankan, aplikasi thonny cukup enteng tidak begitu membebani resources komputer. Thonny dikhususkan untuk pengguna pemula, fasilitas yang terdapat pada thonny begitu minimal tapi sangat powerfull untuk para pemula. Ada aplikasi belajar python yang dikhususkan untuk para advance, contohnya anaconda. Ini jadi alternatif bagi yang mau belajar ke tingkat mahir bahasa pemrograman python.

Kita mulai pelajaran pertama python. Materi yang selalu dipelajari pertama kali adalah menampilkan tulisan "Hello world !". Berikut ini beberapa contoh Hello world ditulis dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda


Pada jendela interface, ketikkan

Simpan ( ctrl + s) dengan nama file latihan1 Secara otomatis file tersebut berekstensi .py artinya file python dan hanya bisa jalan jika komputer terinstall python.

Setelah file berhasil disimpan, running script dengan klik tombol run atau tekan F5. Pada jendela shell muncul tulisan "Hello World"


Sampai disini, kita telah mempelajari cara install aplikasi Thonny untuk menjalankan bahasa pemrograman python.

Berikutnya cara install python di handphone yang berbasis android. Aplikasi yang banyak digunakan salah satunya programiz. Pada aplikasi ini, selain kita bisa membuat script python juga adanya penjelasan tentang teori python tentunya dalam bahasa Inggris. Dilengkapi contoh dan kursus membuat programiz banyak diminati. Berikut cara install di android.

Pertama download terlebih dahulu aplikasi programiz di google play. Secara otomatis akan terinstall. Bila proses instalasi sukses akan tampil ikon nya seperti ini



Jalankan programiz. Metode pembelaran ada 2, dengan kursus atau mempelajari contoh-contohnya



Pada setiap bab dari kursus, diakhiri dengan kuis. Untuk mengikuti kuis user diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Untuk memulai mempelajari bahasa pemrograman python, seperti biasa menuliskan dulu kalimat "Hello world!".

Pilih kursus, pada course index di bagian Introduction pilih Getting Started, pelajari semua penjelasannya. Dibagian akhir ada "Hello, World!" Program.



Pilih menu Try It Yourself . Pada bagian Code ketik

Kemudian lihat pada bagian Shell muncul tulisan Hello, World!



Instalasi dan pengenalan aplikasi selesai dilakukan. Harus di ingat penggunaan aplikasi Thonny bisa dilakukan secara offline. Sedangkan programiz versi mobile, harus terkoneksi ke internet.

Posting Komentar untuk "Belajar Python dengan Programiz dan Thonny"