Mengetahui Pengalamatan LCD I2C

i2c interface

LCD 16 x 02 sering digunakan untuk display pada proyek-proyek berbasis Arduino. Harga yang murah dan kemudahan konfigurasi menjadi pilihan. LCD ini terdiri dari 16 kolom dan 2 baris, sehingga ada 32 karakter yang bisa di tampilkan. Bila di amati dari dekat setiap bagian terdiri dari 5 x 8 kotak-kotak kecil, kita sebut sebagai piksel. 


liksel lcd

Interface I2C

Menyalakan LCD 16 x 02 dibutuhkan 8 bit data yang dikirim ke LCD. Itu artinya memerlukan 8 pin, bila arduino menggunakan protokol ini maka sedikit pin yang tersisa (artikel bisa di lihat disini). Solusinya dengan menggunakan interface I2C (inter integrated circuit). Dengan interface I2C, data berbentuk serial dari arduino di ubah ke bentuk parallel sehingga bisa menyalakan LCD. Terdapat 4 pin di interface I2C, GND, VCC, SDA, SCL. Dua pin digunakan untuk komunikasi dengan arduino, pin SDA (serial data pin) dan pin SCL (serial clock pin). 

lcd i2c

Jika menggunakan alat interface i2c lebih dari satu, maka perlu ditetapkan alamat pada masing-masing alat. Untuk LCD 16 x 02 pengalamatan berdasarkan merk chip yang digunakan dan jumper pada board pcb. Penjelasan lebih detail bisa di lihat di lastminuteengineers.com.

I2C Scanner

Kita akan coba menggunakan i2c scanner untuk mendapatkan alamat bus dari interface i2c. Dibutuhkan board arduino dalam tutorial ini. Hubungkan pin SDA dan SCL pada interface i2c ke pin SDA dan SCL arduino. GND dan VCC dihubung ke pin ground dan pin 5V. Banyak referensi yang menyebutkan, pin SDA dan SCL pada arduino UNO di ganti dengan pin A4 dan A5. 
Arduino Uno, SCL = A5 ; SDA = A4
Arduino Nano, SCL = A5 ; SDA = A4
Arduino Mega, SCL = 21 ; SDA = 20
Leonardo/Micro, SCL = 3 ; SDA = 2

Pengalaman penulis, walau menggunakan arduino uno tapi tetap memakai pin SDA dan SCL.


arduino uno SCL SDA

Copy program berikut

Jalankan serial monitor, alamat i2c akan ditampilkan


i2c address

Alamat i2c adalah (0x3F). Alamat ini digunakan pada saat memprogram LCD 16x02 i2c. Umumnya ada 2 alamat i2c LCD 16x02 yang dijumpai, (0x27) dan (0x3F). Semoga bermanfaat.


Link Pembelian Barang

2 komentar untuk "Mengetahui Pengalamatan LCD I2C"

  1. Kalau semisal alamatnya itu 0xD gimana bang ?

    BalasHapus
  2. saya coba beri penjelasan: selama bereksprimen dengan lcd i2c, penulis belum menjumpai yang beralamat 0xD. mohon maaf ka, bila penjelasannya blum memuaskan

    BalasHapus