Install Moodle di Hosting





Moodle adalah salah satu aplikasi pembelajaran online. Banyak aplikasi lain yang memberikan layanan sama seperti moodle, contohnya : edmodo.com, google classroom, ruang guru, quipper dan masih banyak lagi. Ada yang istimewa dari moodle dibanding aplikasi belajar online yang lain yaitu bisa diaplikasi pada hosting. Dengan keunggulan ini, link pembelajaran online bisa di customize. Misal: https://belajar.com alamat website nya sesuai yang kita inginkan. Tapi tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa hosting. Berikut ini cara meng install moodle di hosting.

Install Moodle

Untuk memulai, dipastikan hosting dan domain sudah dimiliki. Cara menyewa hosting, besarnya biaya, tata cara, bisa di lihat di blog-blog yang membahas materi hosting, contohnya niagahosterhostnicindowebsite dan masih banyak yang lain. Bila hosting dan domain sudah dimiliki, login ke CPanel.



Ke tab software pilih softaculous Apps Installer. 


Dengan menu ini kita bisa menambahkan beberapa aplikasi di domain kita, salah satunya moodle. Ketik moodle di pencarian 




Ada beberapa versi moodle yang bisa kita install, pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih Install Now 


Tampilan berikut nya adalah pengaturan yang harus dilakukan pada moodle. Pertama versi moodle, pada bar choose the version you want to install pilih versi moodle yang diinginkan, misalkan versi 3.9.1


Pada bar choose installation URL tentukan URL yang digunakan untuk meng akses moodle, Data Directory defaultnya moodledata. Bisa juga kita ubah misal, moodledata_belajar


Contoh URL yang kita gunakan https://ditempel.com/belajar. Dengan mengakses link tersebut akan muncul halaman login dari moodle. Bila kita menginginkan URL nya berupa subdomain seperti https://edu.ditempel.com terlebih dahulu tambahkan subdomain melalui CPanel.

Selanjutnya pada tab site settings bagian ini boleh dilewat karena setelah moodle terinstall bisa di atur kembali.


Berikutnya bagian admin account ,hak akses sebagai admin diatur disini, usernamepasswordfirstnamelastname dan admin email. Perlu diperhatikan password harus level strong artinya harus ada huruf kecil, huruf kapital, angka, dan tanda baca. Admin email menggunakan alamat email yang masih valid, dibutuhkan ketika lupa password.



Bagian terakhir adalah memilih bahasa moodle, kemudian klik install di bagian bawahnya. Instalasi akan berjalan, proses instalasi kurang lebih 3 - 4 menit.



Bila instalasi sukses dilakukan, dibagian akhir muncul notifikasi link nya


Untuk akses moodle ketik URL yang telah ditetapkan, https://ditempel.com/belajar. Login admin dan login user link nya sama, yang membedakan username dan passwordnya. Untuk customize tampilan, bisa di install plugin theme.


Pada postingan selanjutnya akan dibahas penggunaan moodle.

Posting Komentar untuk "Install Moodle di Hosting"