Step by Step Membuat Kuis di Moodle (Langkah 1)

Sebelum memulai langkah-langkah membuat kuis di moodle, tentunya aplikasi moodle sudah disiapkan. Moodle bisa di install di hosting, atau di server lokal. Bagaimana cara install di hosting bisa lihat disini. Moodle adalah platform belajar online yang open source, artinya bebas digunakan secara gratis.



Bagi yang baru mengenal moodle, mungkin kesulitan dalam mengkonfigurasi nya karena memang agak rumit. Tapi bila sudah paham dan mengerti moodle, pasti tidak akan mau berpindah platform yang lain karena moodle sangat powerfull, fasilitas lengkap dan yang pastinya gratis.

Untuk memulai membuat kuis, ada beberapa data yang harus disiapkan. Pertama, akun user yang akan mengerjakan kuis tersebut. Kedua, soal kuis. Sebagai permulaan kita buat kuis dengan soal pilihan ganda atau multiple choice. Cara membuat kuis di moodle ada 2 cara, pertama langsung di moodle nya, kedua dengan cara import soal. Yang banyak dilakukan adalah cara kedua, import soal artinya soal dibuat dahulu dengan aplikasi examview. Mengapa? karena tampilannya seperti di microsoft word dan bisa dilakukan secara offline. Bagaimana cara membuat soal di examview?, bisa di search di google, banyak blog yang membahasnya.

Konfigurasi Moodle
Sebelum digunakan moodle harus dikonfigurasi terlebih dahulu. Ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan untuk kemudahan dan kenyamanan pemakaian moodle, diantaranya time, password, merubah password bagi user baru.

Time, konfigurasi ke WIB (waktu indonesia barat). Ke Site administration seting location


Ubah ke lokasi Asia/Jakarta. Perhatikan gambar berikut


Simpan konfigurasi dengan memilih Save changes pada bagian bawah. 

Password policy, pembuatan password harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. yaitu minimum 8 karakter, harus ada huruf besar, huruf kecil dan lain-lain. Bila menginginkan tanpa dibatasi aturan pembuatan password, bisa di disable.



Kemudian scroll kebawah, hilangkan tanda cheklist pada Password policy


Change Own Password. User baru diarahkan untuk mengganti password, hal ini mengganggu bila peruntukan moodle untuk siswa disekolah. Dimana username dan password sudah ditentukan oleh gurunya. Untuk men-disable fasilitas ini ke tab users. Pada menu permissions pilih Define roles.

 


Kemudian scroll kebawah pilih Authenticated user (user otentik), yaitu user yang mempunyai akses untuk masuk moodle. Pada menu ini bisa menerapkan aturan-aturan pada user otentik.


Muncul pengaturan-pengaturan terhadap user otentik. Pilih edit


Pada text box filter, ketik change own password. Pengaturan mengubah password di disable dengan cara menghilangkan tanda ceklist pada Allow. Simpan perubahan.


Menyembunyikan widget, untuk memudahkan user menggunakan moodle, tampilan awal sebaiknya disederhanakan. Sembunyikan widget-widget yang tidak terpakai dan tidak terlalu penting. Seperti Learning plans, Recently accessed courses, Timeline, Private files, Latest badges, Calendar, Upcoming events. Menyembunyikan widget ke menu Site administration, Appearance.



Pilih Default Dashboard page. Kemudian aktifkan Block editing on


Pada masing-masing widget akan tampil icon setting.


Pilih delete untuk setiap widget yang akan kita hilangkan. Setelah selesai, akhiri dengan memilih Reset Dashboard for all users. User lain yang login, tampilan dashboard nya sama seperti dashboard yang admin setting. Contoh hanya course overview dan online users yang ditampilkan.


Menyiapkan Data
Konfigurasi dasar sudah dilakukan, tahap berikutnya menyiapkan data. Pertama user, kita tentukan user yang bisa akses moodle. Cara yang umum dilakukan untuk menambah user di moodle adalah dengan cara masif atau banyak user sekaligus. Format yang digunakan bisa menggunakan Excel, yang disimpan dengan ektensi .csv. Perhatikan gambar tabel di bawah ini


Yang dibutuhkan adalah username, password, email, firstname dan lastname. Perhatikan, password terlihat simpel karena sebelumnya sudah di seting untuk tidak menggunakan aturan pembuatan password default. Yang harus menyertakan huruf kecil dan kapital, angka dan tanda karakter lainnya. Untuk kelompok atau cohort bisa diatur kemudian setelah upload user.

Data kedua soal. Buat soal di aplikasi examview, atau yang lain. Yang bisa membuat format blackboard. Format ini yang akan dipakai di moodle.

Cara pembuatan soal di examview, banyak tersedia tutorialnya di web. Tinggal melakukan pencarian. Kalau yang sudah terbiasa dengan pembuatan soal di examview, pasti tidak menemui kesulitan. Selain untuk keperluan upload soal di edmodo, examview juga sama seperti word tampilannya kalau sudah di print.

Artikel berikutnya menjelaskan cara-cara upload user, upload soal dan enroll

Posting Komentar untuk "Step by Step Membuat Kuis di Moodle (Langkah 1)"