Mengenal Variabel dan Tipe Data pada Python



Python sebagai bahasa pemrograman yang populer, menjadikannya mudah untuk mencari tutorialnya. Aplikasi-aplikasi berbasis android pun banyak menawarkan tutorial Python di Smartphone, diantaranya programiz. Contoh-contoh program dibawah ini, bisa ditulis di programiz.

Menampilkan "Hello, World !" pada python, hanya menggunakan sedikit kode.

print adalah fungsi internal yang ada di python untuk menampilkan isi di antara tanda petik. Tanda petik satu atau tanda petik dua.

Variabel
variabel pada python adalah suatu nama simbolis yang memiliki nilai, nilai nya bisa berupa bilangan bulat (integer), pecahan (float), karakter (string) dan lain-lain.

>>> %Run contoh.py

Jum'at
1000
7.5

hari adalah nama variabel, "Jum'at" adalah nilainya. Begitu juga untuk variabel lain. Perhatikan penggunaan tanda petik dua. Untuk menuliskan kata yang mempunyai tanda petik satu seperti dalam kata Jum'at, maka perintah print sebaiknya menggunakan tanda petik dua untuk nilai bertipe string.

Nama variabel bisa menggunakan huruf biasa, huruf kapital, angka, dan garis bawah. Nama variabel tidak boleh didahului dengan angka. Bila nama variabel lebih dari satu kata dihubungkan dengan garis bawah. Misalkan nama variabel dibuat tetap tapi nilai variabel nya bisa saja diubah. Nilai variabel yang terakhir yang dipakai 

>>> %Run contoh.py

Senin
1000
10000

Pada kode print(Jumlah_total)yang ter print adalah 10000 walaupun sebelumnya nama variabel Jumlah_total nilainya = 5000.

Berikut ini contoh penggunaan multi variabel pada python

Contoh 1

>>> %Run contoh1variabelpyhton.py

Komputer
Mobil
Kamera

Contoh 2

>>> %Run contoh2variabelpyhton.py

Pesawat
Pesawat
Pesawat

Contoh 3

>>> %Run contoh3variabelpyhton.py

Contoh angka ganjil adalah
13

Tipe Data
Tipe data adalah suatu media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung informasi. Python mengenal beberapa tipe data. Berikut ini contohnya:


Tipe data yang sering digunakan adalah string dan integer. Tipe data ini mudah dimengerti karena selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tergantung dari tujuan pembuatan program Python. Untuk aplikasi toko tentunya yang paling banyak digunakan adalah integer, untuk aplikasi matematika lebih banyak lagi tipe data yang digunakan seperti float, complex, boolean, hexadecimal.

Itulah penjelasan dari variabel dan tipe data, selanjutnya kita belajar bagaimana penulisan kode pada bahasa pemrograman python.


Posting Komentar untuk "Mengenal Variabel dan Tipe Data pada Python"