Menggunakan Mikrotik Router OS

Pada postingan sebelumnya, dijelaskan cara install Mikrotik Router OS pada PC. Dengan menggunakan sistem operasi mikrotik, PC bisa berfungsi sebagai router. Tapi mikrotik cuma memberikan level 0 untuk Router OS ini. Yang berarti Router OS hanya bisa dipakai selama 24 jam, tapi fungsinya sudah lengkap. Untuk pengenalan Router Mikrotik, level 0 sudah cukup. Ada beberapa fungsi dasar yang bisa dipelajari dengan level ini.

Perintah yang diterapkan pada Mikrotik Router OS dalam mode CLI (command line interface) artinya semua perintah harus di input menggunakan keyboard atau di ketik. Padahal dikenal secara umum router mikrotik adalah berbasis GUI (graphical user interface). Mikrotik router OS yang tertanam pada perangkat router biasanya di kendalikan dengan mode GUI. Tapi bagi yang terbiasa dengan mode CLI, bisa juga menggunakan menu New Terminal untuk meng akses router mikrotik dengan mode CLI.

Kita mulai dengan Login

login-mikrotik

Login : admin
Password :
Akan tampil prompt admin mikrotik

login

admin adalah user aktif, nama user yang sedang login saat ini. Mikrotik adalah identity atau identitas yaitu nama mikrotik routes OS agar mudah dikenali. Atau nama lain untuk hostname. Setingan awal, kita akan merubah user dan identity.
Pada prompt, ketik system identity set name = ditempel.com kemudian enter

system-identity

Mikrotik berubah menjadi ditempel.com. Berikut nya user. Kita cek user yang terdaftar pada mikrotik. Ketik user print atau untuk mempersingkat user pr

user-pr

Hanya ada user admin yang terdaftar. Nama user tersebut adalah user default artinya user yang ditambahkan oleh mikrotik saat router OS dijalankan. Group atau kelompok user admin adalah full artinya admin mempunyai hak akses penuh terhadap router OS. Bisa menambahkan dan menghapus semua fungsi. Group yang lain selain full adalah group read dan write. Read artinya user yang hanya bisa melihat konfigurasi tanpa bisa menambahkan ataupun menghapus. Write artinya selain bisa melihat juga bisa menambahkan, tapi terbatas hanya fungsi-fungsi tertentu.

Kita tambahkan user rudi dengan group full. Ketik user add name=rudi group=full

user-add

Lihat kembali user yang sudah terdaftar

user

Pada kolom # ada nomor 1 user rudi dengan group full. User sudah ditambahkan. Untuk keamanan mikrotik dari user yang tak diinginkan, wajib hukumnya untuk menghapus user admin. Mengapa? karena user tersebut akan digunakan oleh penyusup untuk login ke mikrotik.
Sekarang kita hapus user admin, ketik user remove number=0

user remove

Mengapa number=0, pada kolom # user admin terletak pada row/baris 0. Perintah ini berlaku untuk menghapus fungsi yang lain, kita tinggal melihat nomor barisnya di kolom #.

Yang tersisa hanya user rudi

user

Saat ini kita masih login dengan user admin. Untuk login dengan user rudi, mikrotik di reboot, kemudian masuk lagi dengan user rudi

system-reboot

login-rudi

prompt login

Untuk menambah keamanan mikrotik, tambahkan password pada user rudi. Ketik password

add-password

old-password kita biarkan kosong, new-password isi dengan 123 atau yang lain. Input 123 kembali pada confirm-new-password. Untuk mencoba password yang sudah ditentukan, Reboot kembali mikrotik kemudian login dengan user rudi dan password yang sudah ditetapkan.

Sebuah Router harus mempunyai interface, yaitu komponen yang memungkinkan router terhubung ke perangkat lain. Interface ini berupa ethernet bisa juga wireless. Mikrotik yang sedang kita jalankan running pada virtualbox maka interface yang digunakan adalah interface komputer, yaitu konektor rj45 yang ada pada PC atau laptop. Interface wireless pada laptop tidak muncul di mirotik OS yang sedang kita jalankan.

Untuk mengetahui keberadaan interface pada mikrotik router OS, ketik interface pr

interface-pr

Ada satu interface yaitu ether1. Pada konfigurasi selanjutnya, kita gunakan interface ini dengan nama ether1.

Perintah dasar yang lain adalah seting waktu. Pada mikrotik waktu yang terkini sangat diperlukan untuk digunakan pada fungsi-fungsi tertentu, misalnya schedule, log dan fungsi yang lainnya. Cek waktu pada mikrotik, ketik system clock pr

system-clock

Tanggal atau date menyesuaikan dengan tanggal pada komputer, asalkan tanggal komputer harus sesuai dengan tanggal sekarang. Untuk jam atau time belum sesuai karena masih mengacu pada greenwichtime. Konfigurasi jam, ketik system clock edit tme

edit-time

Jam kita ubah secara manual kemudian simpan ctrl+o

system-clock

Bila router terhubung dengan internet, pengaturan jam akan lebih mudah karena sudah otomatis menyesuaikan dengan lokasi dan zona waktu, menggunakan fungsi NTP (Network time protocol).

Konfigurasi berikutnya adalah me-reset mikrotik. Perintah ini sangat diperlukan bila menginginkan mikrotik di reset ke keadaan awal, asalkan login saat ini dengan group full. Bila kita tidak bisa login dengan group full, alternatifnya dengan hard reset.

Hati-hati dengan perintah reset, karena bila dilakukan secara tidak sengaja, hilang semua setingan yang telah dilakukan. Untuk berjaga-jaga, secara berkala lakukan backup konfigurasi mikrotik. Berikut ini perintah reset

system-reset

Perintah terakhir yang perlu diketahui adalah mematikan router. Pada perangkat router mikrotik, mematikan router dengan melepas power listrik nya. Pada mikrotik router OS yang running di virtualbox, lakukan perintah shutdown.

system-shutdown

Itulah perintah dasar yang perlu diketahui untuk memulai seting mikrotik router OS.

2 komentar untuk "Menggunakan Mikrotik Router OS"