Membuat Fungsi Counter Pada PLC Omron

counter for plc

Fungsi Keep dan Timer sudah di bahas pada artikel sebelumnya. Sekarang praktek membuat fungsi counter.  Seperti yang kita ketahui, counter di gunakan untuk menghitung. Misal pada tempat parkir, mesin counter di jalankan saat para pemakai parkir menekan tombol tiket parkir. Pada mesin counter dihitung banyaknya kendaraan yang sudah masuk ke area parkir. Begitu pun saat kendaraan keluar, di hitung berapa jumlahnya. Selisih antara kendaraan yang masuk dan kendaraan keluar, akan diketahui jumlah kendaraan di area parkir. 

Itu salah satu aplikasi penggunaan counter. Contoh lain, packing produk di sebuah pabrik. Fungsi counter bisa dilakukan oleh PLC. Kita akan membahasnya di artikel ini. Tutorial masih menggunakan plc omron cp1e.

Fungsi Counter

Jalankan CX-Programmer, tentukan device nya. Tambahkan New Contact kemudian New PLC Instruction 

counter instruction



Ketik CNT 001 #3 Beri label. CNT membuat fungsi counter dengan nama = 001, nilai counter = #3 artinya hitungan yang dilakukan counter sebanyak 3 kali. 


counter instruction



Counter memerlukan reset untuk mengembalikan ke keadaan awal. Tambahkan kontak di bawah kontak pertama, masih dalam rung yang sama.


counter with reset



Gunakan New horizontal untuk menyambungkan ke counter. Jalankan simulasi, Simulation > Work Online Simulator. Perhatikan Counter akan melakukan hitungan mundur sesuai dengan nilai yang kita berikan saat menambahkan counter (dalam hal ini #3 berarti 3 hitungan). Simulasi di lakukan dengan memberi nilai 1 kemudian 0, ini masuk dalam satu hitungan dan seterusnya sebanyak tiga kali.


counter simulation



Pada hitungan ke-3 counter menyala. Walaupun kita memberi input 1 kembali pada tombol Start tidak terjadi perubahan pada counter. Counter harus di reset untuk memulai hitungan dari awal. Beri nilai 1 pada tombol Reset.

Fungsi counter harus di panggil terlebih dahulu untuk menggunakannya. Sekarang tambahkan New contact di  rung 2


call counter



Beri nama C001 (nama counter yang sudah dibuat). Tambahkan coil di ujung rung. Simulasi kan kembali. 

counter full view



Lampu menyala mengikuti keadaan counter. 

Itulah cara membuat fungsi counter pada plc omron cp1e. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Membuat Fungsi Counter Pada PLC Omron"