Menentukan Jarak dengan Sensor Ultrasonik

 




Ada beberapa jenis sensor yang bisa di aplikasi kan pada board arduino, diantaranya sensor ultrasonik. Dari arti katanya ultrasonik adalah suara atau getaran yang sangat tinggi atau diatas pendengaran manusia. Sehingga suara ultrasonik tidak bisa didengar, hanya hewan-hewan tertentu saja yang bisa mendengarnya. Contohnya kelelawar, suara ultrasonik digunakan untuk navigasi selama terbang. Dimana sumber suara ultrasonik dihasilkan dari kelelawar, kemudian mengenai objek di sekitarnya, pantulan nya diterima kembali. Dengan begitu kelelawar bisa mengidentifikasi objek di sekitarnya.

Sensor ultrasonik umum digunakan pada mobil dengan teknologi tinggi, aplikasinya pada sistem parkir. Sistem parkir ditempatkan pada bagian mobil diluar jangkauan penglihatan pengemudi. Misal di belakang mobil dan bagian bawah mobil. Dengan begitu sensor ultrasonik memberi penglihatan tambahan kepada pengemudi.



Pada proyek kali ini, kita gunakan sensor ultrasonik untuk menentukan jarak sebuah benda, dengan menggunakan prinsip suara ultrasonik. Sumber suara ultrasonik dipancarkan, mengenai sebuah benda kemudian dipantulkan kembali ke penerima suara ultrasonik. 

Gelombang suara ultrasonik bergerak dengan kecepatan 344 m/s. Artinya menempuh jarak 1 meter butuh waktu = 1/344 =  0, 00290 detik. Untuk menempuh jarak 1 cm berarti 0,00290 x 0,01 = 0,0000290 detik = 29 µs. Waktu ini adalah satu kali perjalanan, artinya suara bergerak dari sumber ke benda. Ketika mengenai benda akan ter pantul kembali ke sumber. Maka waktu tersebut di X 2 = 58 µs. Jadi untuk objek yang jaraknya 1 cm dari sumber suara, membutuhkan waktu 58 µs untuk melakukan perjalanan pancar-pantul. Dengan rumus ini maka sensor ultrasonik bisa digunakan untuk mengukur jarak benda dari sumber suara ultrasonik.



Alat dan bahan yang diperlukan dalam proyek ini adalah

1. Board Arduino
2. Sensor Ultrasonik HC-SR04
3. Bread board
4. Kabel jumper
5. Kabel data

Berikut ini kodenya




Untuk kaki-kaki sensor ultrasonik, terdiri dari Vcc yang dihubungkan ke port 5v pada arduino. Gnd dihubungkan ke port GND pada arduino. Trig dihubungkan ke port no 4 di sesuaikan dengan kode. Dan Echo dihubungkan ke port no 7.

Tempatkan benda di depan sensor, misal dengan jarak 5 cm



Kemudian buka Serial Monitor, perhatikan yang terbaca oleh arduino



Jarak yang terbaca 5 cm tapi terkadang 4 cm. Jarak sebenarnya bisa dilihat pada gambar, sekitar  5, 2 cm tidak tepat 5 cm. Untuk dapat menghasilkan pembacaan sesuai keadaan sebenarnya, angka 58 pada kode silahkan di ubah, ditambahkan atau dikurangi. Karena kecepatan gelombang suara sangat berpengaruh pada suhu udara, sudah semestinya pembacaan tidak akurat. Faktor sensitivitas alat juga berpengaruh. Untuk hasil yang mendekati sempurna, di perlukan sensor utrasonik yang lebih baik.


Link Pembelian Barang


Posting Komentar untuk "Menentukan Jarak dengan Sensor Ultrasonik"