Menambahkan Repository Debian 11 Bullseye

bullseye


Debian 11 Bullseye release tanggal 14 Agustus 2021, ini adalah versi stable. Debian setiap rilis ada 3 versi yang di tawarkan, stable, testing, unstable. Versi unstable atau tidak stabil, versi awal dari debian yang akan di rilis. Versi setelahnya, testing merupakan versi yang lebih baru, pada versi ini lebih banyak bug yang telah di perbaiki. Bila tahapan pengujian telah dilakukan dengan penambahan beberapa fitur yang dirasa perlu, debian siap di rilis dengan versi stable nya.

Debian dan distro linux umumnya bersifat open source, artinya siapapun bisa memodifikasi kode-kode yang dipakai di debian. Pengguna debian atau linux memerlukan update dari kode-kode tersebut, agar sistem operasi yang digunakan tetap work. Untuk memudahkan proses update, maka disediakan repository. Ibarat sebuah server yang menyediakan semua update tan yang diperlukan, repository bekerja seperti itu. 

Instalasi debian biasanya menggunakan flashdisk bootable dimana file ISO nya di dapat dari debian.org. Proses instalasi menganggap file ISO sebagai DVD debian, makanya secara default repository di arahkan ke DVD tersebut. Bisa di cek repository debian 11 setelah di install menggunakan flashdisk bootable.


dvd1 bullseye

Kelemahan menggunakan DVD adalah ketersediaan DVD saat update. Tapi untungnya tetap bisa melakukan update walau tanpa koneksi internet. Untuk kemudahan update, umumnya menggunakan server repository debian 11 yang sudah di sediakan, dengan syarat harus terhubung ke internet.

Konfigurasi Repository Debian 11 Bullseye

Berikut ini langkah-langkah menambahkan repository debian 11. Masuk ke sources.list

# nano /etc/apt/sources.list
Tampil repository default,


sources list


Kode yang di dahului dengan tanda pagar di abaikan. Untuk enable dan disable kode dengan menghilangkan atau menambahkan tanda pagar (hashtag ). Menambahkan repository debian 11 dengan cara mengetik ulang atau pun meng edit repository yang sudah ada. Tambahkan repository berikut ini

deb http://deb.debian.org/debian bullseye main contrib non-free
deb-src http://deb.debian.org/debian bullseye main contrib non-free

deb http://deb.debian.org/debian-security/ bullseye-security main contrib non-free
deb-src http://deb.debian.org/sebian-security/ bullseye-security main contrib non-free

deb http://deb.debian.org/debian bullseye-updates main contrib non-free
deb-src http://deb.debian.org/debian bullseye-updates main contrib non-free


new repository



Bisa menggunakan perintah cut dan paste untuk mempercepat penulisan kode. Pastikan repository default di disable. Simpan (ctrl + x) > (y) > enter.

Jalankan perintah update

# apt update

Proses update dilakukan dengan mendownload paket-paket yang di perlukan.

bullseye update


Untuk menambahkan aplikasi yang dibutuhkan, cukup dengan perintah install, debian secara otomatis mencari dan men download paket. Hal ini terjadi karena repository debian 11 sudah kita ubah ke server repository debian 11. Semoga bermanfaat.


Link pembelian barang


2 komentar untuk "Menambahkan Repository Debian 11 Bullseye"