ESP32 Sebagai Web Server dengan Mode Soft Access Point

 

soft access point
https://www.hackster.io/

Pada artikel sebelumnya, telah di coba menggunakan ESP32 untuk menyalakan Led onboard. Proses ini belum menggunakan ESP32 sebagai IoT karena belum terkoneksi ke jaringan. Fitur wifi yang dimiliki ESP32, membedakannya dengan board arduino. Dengan fitur ini pengendalian ESP32 bisa dilakukan dengan mode wireless. Bahkan bila Board ESP32 terhubung ke internet, pengendalian bisa dilakukan dari mana pun juga. 

Web Server

Definisi web server menjelaskan tentang suatu device/komputer/server yang menerima informasi, mengolah dan menyimpannya. Web server juga dapat menampilkan informasi ke user. Misal user mengetik alamat IP web server pada browser, kemudian web server menampilkan respon dengan menampilkan informasi berupa kode respon. Macam-macam kode respon dari web server bisa dilihat disini. Komunikasi antara web server dengan user menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). 

ESP32 bisa di fungsikan sebagai web server. Misal web server pada ESP32 mempunyai IP 192.167.123.4, user meminta koneksi ke web server dengan akses wifi yang dipancarkan oleh ESP32 atau wifi yang sudah ada. Kemudian ESP32 merespon dengan mengirim kode 200 yang berarti koneksi berhasil. Kode yang dikirim disertai dengan kode HTML, sehingga user akan mengerti respon dari web server.

Ada beberapa metode yang digunakan ESP32 untuk bisa dihubungi oleh user. 

Soft Access Point

Board ESP32 memancarkan wifi sendiri. Dengan SSID (service set identifier) dan password yang telah ditetapkan. IP address juga di tentukan oleh ESP32. User atau klien meminta koneksi dengan menyambungkan SSID yang ada dan memasukkan passsword. setelah terhubung, user memasukkan alamat IP yang telah ditetapkan di browser. Bila koneksi berhasil, web server akan mengirim kode HTML yang bisa di baca. 

soft ap mode
Sumber gambar: https://www.hackster.io/


Metode ini disebut Soft Access Point (AP). Jarak yang bisa dijangkau dengan metode ini tidak terlalu jauh karena daya pancar wifi dari ESP32 yang terbatas. Perangkat yang bisa ter koneksi hanya 5 perangkat pada saat bersamaan.

Stasiun Mode

Pada mode ini, ESP32 di konfigurasi untuk terhubung dengan wifi/access point yang sudah ada. Konfigurasi yang dilakukan adalah SSID dan password disesuaikan dengan access point. Bila koneksi berhasil, ESP32 akan mendapat IP address dari access point. IP address tersebut digunakan untuk meng akses ESP32. 

User yang menginginkan terhubung dengan ESP32, cukup ter koneksi  dengan SSID yang sama dengan ESP32. Kemudian memasukkan IP address ESP32 di browser. Dengan sendirinya user sudah terhubung dengan ESP32.

stasiun mode
Sumber gambar: https://www.hackster.io/


Jangkauan dari mode ini cukup luas, tergantung dari daya pancar wifi yang ada. Misalkan wifi menjangkau seluruh gedung, maka begitupun akses ke ESP32, bisa dilakukan dari seluruh bagian gedung.

Web Server Mode Soft AP

Alat yang diperlukan untuk praktek, menggunakan board ESP32 dan kabel data tentunya. Library yang harus tersedia adalah Wifi.h dan WebServer.h bisa di cek di Menu Sketch > Include Library pastikan library sudah tersedia. Copy kode berikut ini, kemudian upload ke board. Pastikan Done uploading. (Cara upload bisa lihat disini)


Gunakan komputer atau smartphone, hubungkan dengan SSID yang muncul, Connect, isikan password

ssid web server
www.ditempel.com

Pada tampilan serial monitor, menunjukkan perangkat sudah ter koneksi dengan board. 

serial monitor web server
www.ditempel.com


Kemudian input alamat IP address di browser. Akan tampil seperti ini

ip web server
www.ditempel.com

Tampilan web server masih statis, artinya tidak ada perubahan tampilan pada halaman web, dan user juga belum bisa memberikan input ke web server. 

Kesimpulannya, board ESP32 bisa difungsikan sebagai web server dan merupakan server yang berukuran mini. Untuk konfigurasi web server dengan mode station bisa di baca di sini. Semoga bermanfaat


Link pembelian barang

  • ESP32 Dev Module Dev-Kit

    • Posting Komentar untuk "ESP32 Sebagai Web Server dengan Mode Soft Access Point"