Web Server Mode Station pada ESP32

esp32 mode station


Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel ESP32 dengan mode Soft AP. Sekarang kita beralih ke mode Station. Pada mode ini, ESP32 terhubung ke jaringan wifi yang sudah ada, dengan SSID dan password disamakan. Kemudian user bisa terhubung ke ESP32 dengan connect ke wifi tersebut.

skema mode station esp32
https://randomnerdtutorials.com/

Seperti pada praktek sebelumnya, yang dibutuhkan board ESP32 dan kabel data. Dan tersedia jaringan wifi, bisa dilakukan dengan tetring dari smartphone. Tentunya SSID dan password diketahui.

Jalankan Arduino IDE, copy paste kode berikut ini:

Buka Tools > Serial Monitor tampil alamat IP dari ESP32. Bila belum tampil tekan push button EN di board ESP32 sekali. 

serial monitor esp32 mode station
www.ditempel.com

Pada browser, masukkan alamat IP 192.168.43.62 untuk akses web server. Tampilannya seperti ini

respon web server mode station
www.ditempel.com

Code

Sama seperti praktek sebelumnya, library yang dibutuhkan Wifi.h dan WebServer.h

const char* ssid = "......";  
const char* password = "......";

Nama SSID dan password di tulis di bagian ini, harus sama persis dengan wifi yang akan disambungkan.. 

WebServer server(80);

Port 80 digunakan untuk protokol http. Pada browser tidak perlu mengetik ulang http, karena sudah ditambahkan secara otomatis. 

WiFi.begin(ssid, password); 
while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {

Pada baris pertama, board menyambungkan dengan wifi yang sudah di setting berikut passwordnya. Bila sesuai akan tersambung dengan memberi respon WL_CONNECTED, dan akan menjalankan kode dibawahnya.

Serial.println(WiFi.localIP());

Pada serial monitor akan menampilkan alamat IP yang didapat oleh ESP32. Perlu di ingat, akses wifi harus DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) artinya sumber wifi bisa memberikan alamat IP secara otomatis ke user yang sudah di autentifikasi (SSID dan password sesuai). Bila menggunakan sumber wifi dari hotspot smartphone, setingannya sudah di DHCP. Syarat lain wifi tanpa autentifikasi kedua atau memasukkan akun user dan password user. Biasanya digunakan pada wifi dengan hotspot mikrotik.

Alamat IP ini digunakan untuk meng akses ESP32. Bila terjadi perubahan nama SSID, mungkin saja alamat IP yang didapat berubah. 

server.on("/", handle_root);
......
void handle_root() {
server.send(200, "text/html", HTML);
}

Web server akan mengirim respon ke user, dengan kode 200 artinya sukses dan disertai kode HTML, maka tampil respon dari web server yang bisa di mengerti kita.

Itulah penjelasan bagaimana ESP32 digunakan sebagai alat untuk aplikasi IoT. Mode yang digunakan dengan soft AP maupun Station. Kedua mode tersebut belum memerlukan koneksi internet, masih menggunakan koneksi lokal. Semoga bermanfaat.


Link pembelian barang

  • ESP32 Dev Module Dev-Kit




  • Posting Komentar untuk "Web Server Mode Station pada ESP32"