Seting ESP32 Untuk Pemula


Chip ESP32 banyak digunakan sebagai board untuk aplikasi IoT. ESP32 bisa difungsikan sebagai sistem yang berdiri sendiri atau sebagai slave untuk sistem yang sudah ada. Memiliki interface wifi dan bluetooth sekaligus, menjadikan ESP32 lebih fleksibel untuk digunakan. Tidak heran, ESP32 menjadi board yang paling populer untuk aplikasi IoT.

Spesifikasi ESP32 dan persiapan seting nya, bisa di baca pada artikel sebelumnya. Pada proyek dasar kali ini, kita akan meng konfigurasi LED internal dan hall effect sensor yang ada pada ESP32. Jadi yang dibutuhkan cukup board ESP32 dan kabel USB yang biasa digunakan untuk charger smartphone.

esp32 kabel data


Led Blinking

Langkah pertama pastikan komputer sudah ter install Arduino IDE dan library ESP32 sudah ditambahkan (Menambahkan library bisa di baca disini). Hubungkan kabel USB dari komputer ke port USB pada board ESP32. LED indikator power akan menyala (berwarna merah). Jalankan arduino, pilih menu Tools > Board > ESP32 Arduino > ESP32 Dev Module
esp32 devmodule
www.ditempel.com

Kemudian pilih port nya Tools > Port > ...... (pilih nomer port yang aktif). Salin kode dibawah ini


Perhatikan: saat program di upload, dan muncul pesan connecting.... 

www.ditempel.com

pada saat bersamaan pushbutton boot di board esp32 di tekan sampai muncul tulisan Chip is ESP32-DOWNDQ6.... atau tampil tulisan dibawah connecting.... kemudian pushbutton boot dilepas. Tunggu beberapa saat. Akan muncul tulisan Done uploading, berarti program di upload ke board ESP32 dengan sukses.

www.ditempel.com

Led onboard pada ESP32 yang berwarna biru akan berkedip sesuai dengan input delay. Satuan waktu yang dipakai adalah mikrodetik. 1000 mikrodetik berarti 1 detik. Pada program diatas digitalWrite(LED,HIGH) berarti led padam walaupun tertulis HIGH, sebaliknya untuk menyalakan led menggunakan perintah digitalWrite(LED,LOW).
led onboard esp32 blinking
www.ditempel.com


Hall Effect

Pada ESP32 dilengkapi dengan built-in hall effect sensor, yang terdapat pada IC utama.
hall effect sensor position on esp32
www.ditempel.com

Fungsi hall effect sensor adalah untuk mendeteksi kemagnetan disekitar IC. Untuk mengetahui nilai perubahan dari pembacaan hall effect sensor. Menggunakan kode dibawah ini


Pengujian dilakukan dengan mendekatkan ujung obeng yang bermuatan magnet. Atau menggunakan magnet batang yang lebih kuat kemagnetannya, itu lebih baik. 

Pertama obeng didekatkan pada posisi pertama

hall effect
www.ditempel.com

Pembacaan pada Serial Monitor terbaca seperti ini

hall effect minus
www.ditempel.com

Kemudian posisi obeng di rubah seperti ini

hall effect
www.ditempel.com

Pembacaan pada Serial Monitor akan tampak seperti ini

hall effect
www.ditempel.com

Kesimpulannya penggunaan built-in hall effect sensor sangat berpengaruh terhadap kekuatan medan magnet dari benda dan arah polaritas dari medan magnet yang terbentuk oleh benda tersebut.

Demikian proyek dasar penggunaan ESP32, yang tidak memerlukan komponen tambahan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat.


Link pembelian barang

  • ESP32 Dev Module Dev-Kit


  • Posting Komentar untuk "Seting ESP32 Untuk Pemula"