Install Web Server di Debian 10


Web server adalah server yang digunakan untuk melayani request dari client yang meng akses sebuah web. Misal kita meng akses web ditempel.com tampil page home. Dari situ ada beberapa link yang bisa kita tuju selanjutnya. Tampilan page home ini dilayani oleh web server. Ada beberapa web server yang bisa digunakan yaitu Apache, Nginx, IIS dan lain-lain. 

Bagaimana membuat dan konfigurasi web server? Untuk pengguna cloud hosting, web server tinggal pakai. Kita hanya menyiapkan domain dan konten nya. Bagi pengguna VPS (virtual private server), web server sudah termasuk dengan panel yang kita install. Lalu di platform apa kita bisa membuat web server sendiri. Kita akan install web server untuk jaringan lokal. Sebuah server, real server maupun virtual server dengan sistem operasi Linux Debian 10, kemudian kita install dan konfigurasi web server di server tersebut.

Hardware yang dibutuhkan, komputer dekstop atau laptop dengan spesifikasi yang cukup untuk virtualization karena kita akan konfigurasi di mesin virtual. Mesin virtual yang digunakan adalah virtual box.  Install Debian 10 di virtual box. Jalankan mesin virtual, login ke debian 10 akan tampil

login debian 10
www.ditempel.com

Kita akan gunakan super user, login menggunakan user root dan input passwordnya. Untuk memudahkan proses download dan install aplikasi, pastikan komputer host terhubung ke internet. Setting network pada virtual box di posisi NAT

nat virtual box
www.ditempel.com

Debian pada mesin virtual sudah konek ke internet

konek ke internet
www.ditempel.com

Ubah repository debian 10 ke web penyedia repository terpercaya. Gunakan perintah:

# nano /etc/apt/sources.list

Kemudian edit, tambahkan repository berikut. Kita akan gunakan repository dari Jerman. Repository yang lain di disable dengan menambahkan tanda pagar di depannya.

deb http://ftp.de.debian.org/debian buster main contrib non-free
deb-src http://ftp.de.debian.org/debian buster main contrib non-free

Kemudian kita install web server nya. Web server yang digunakan adalah Apache

# apt update
# apt install apache2

Untuk akses web server, terlebih dahulu konfigurasi ip address web server. Gunakan perintah

# nano /etc/network/interfaces

Konfigurasi ip address static. 

auto enp0s3
iface enp0s3 inet static
        address 192.168.1.254
        netmask 255.255.255.0

Perhatikan gambar berikut ini

setting ip address debain 10
www.ditempel.com

Kemudian restart dengan perintah reboot. Web server belum bisa di akses, terlebih dahulu konfigurasi jaringan di virtual box.

only host on virtualbox
www.ditempel.com

Tidak lupa konfigurasi jaringan di komputer host

konfigurasi virtual host

www.ditempel.com

Setting ip address satu network dengan ip web server. Misal 192.168.1.2. Test koneksi dengan web server bisa dilakukan dengan menggunakan browser, misal google chrome. Jalankan browser kemudian masukkan alamat IP web server, yaitu 192.168.1.254

apache
www.ditempel.com

Install web server Apache di Debian 10 sukses dilakukan. Artikel selanjutnya bagaimana konfigurasi web server debian 10 dan setting domain.


Posting Komentar untuk "Install Web Server di Debian 10 "