Penggunaan Sensor Proximity Kapasitif Autonics

cr18-8dp

Pada sensor proximity induktif, benda yang mengandung logam akan terdeteksi. Untuk benda-benda non logam, sensor proximity yang digunakan tipe kapasitif. Benda yang bisa di deteksi diantaranya, air dalam wadah plastik, akrilik, benda-benda berbahan plastik, bahan organik seperti buah dan sayuran.

cr18-8dp
www.ditempel.com
Sensor proximity kapasitif yang akan kita gunakan dari autonics dengan kode produk CR18-8DP. Mengapa autonics? pabrik asal Korea ini fokus pada pembuatan alat-alat otomasi, khususnya sensor. Dengan kualitas yang bisa diandalkan tapi harga tidak terlalu mahal. Banyak tersedia macam-macam sensor buatan autonics. Diantaranya proximity induktif, proximity kapasitif, photodiode, dan lain-lain.

Informasi Kode

Pada sensor autonics terdapat informasi kode pada sensor. Yang bisa kita gunakan untuk meng identifikasi sensor, fungsi dan spesifikasinya. Bisa juga sebagai referensi sebelum membeli sensor autonics.

informasi kode
https://www.autonics.com/
Sensor proximity kapasitif yang akan kita gunakan mempunyai informasi kode CR18-8DP, Sensor ini jenis kapasitif dengan diameter 18mm, jarak sensing 8mm maksimal, tipe PNP.

Sensor proximity jenis lain, misal sensor proximity induktif PRDL30-25DP, kita lihat spesifikasinya berdasarkan tabel berikut

PRDL30-25DP
https://www.autonics.com/

PRDL30-25DP sensor jenis kapasitif,ukuran Long, dengan diameter 30mm. Jarak sensing maksimal 25mm, tipe PNP. Untuk mengetahui spesifikasi tipe sensor yang lain, milik autonics, bisa di cek di websitenya.

Deteksi Benda Organik

Kita lakukan pengujian sensor. PLC yang digunakan sama seperti praktek sebelumnya. Koneksi kabel dari sensor ke PLC juga mengikuti praktek sebelumnya. Bisa di lihat pada gambar di bawah ini

sistem proximity kapasitif
www.ditempel.com

Buat diagram ladder sederhana untuk menjalankan PLC. Gunakan NO untuk sensor.

ladder no kapasitif
www.ditempel.com
Jalankan PLC. Gunakan benda-benda organik untuk mencoba sensor. Misal buah tomat. Dekatkan buah tomat pada sensor

sistem kapasitif
www.ditempel.com
Lampu indikator menyala saat buah tomat didekatkan. Untuk proses kebalikannya, lampu padam saat tomat di dekatkan, diagram laddernya menggunakan NC.

Sensitifitas sensor bisa diatur, misal kita menginginkan jarak sensing nya kurang dari 8mm. Putar sekrup kecil dibagian belakang sensor, atur sesuai dengan jarak sensing yang kita inginkan.

sekrup pengatur sensitifitas
wwww.ditempel.com

Sensitifitas sensor autonics cukup bagus dan respon nya juga cepat. Untuk menjaga kinerja sensor, pastikan catu tegangan pada 24 VDC, meskipun dimungkinkan sensor bisa bekerja pada tegangan 10-30 VDC.


Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A
  • Proximity Kapasitif Autonics CR18-8DP
  • Posting Komentar untuk "Penggunaan Sensor Proximity Kapasitif Autonics"