Mengenal Aplikasi NB-Designer

nbdesigner icon


HMI berfungsi mempermudah kerja operator untuk memulai dan menghentikan proses produksi, memasukkan input yang diperlukan sistem, memonitoring proses produksi, dan melakukan fungsi-fungsi lainnya. HMI menggantikan pushbutton, LED dan kabel, hal ini dimungkinkan karena HMI berbasis software sehingga pengaturan sebelum dan selama proses produksi berjalan, dapat dilakukan dengan mudah. Bagaimana cara kerja HMI bisa di lihat di artikel Mengenal Touchscreen HMI.

Sebelum digunakan, HMI harus dikonfigurasi terlebih dahulu. Banyak aplikasi yang digunakan untuk konfigurasi HMI. Tapi kita tidak membahasnya satu persatu, fokus kita pada HMI merk Omron. Tipe HMI yang di pakai adalah NB7W-TW00B. Tipe ini bisa dibilang tipe lawas karena hanya ada komunikasi melalui kabel DB9.

Omron sebagai pembuat HMI NB7W-TW00B menyediakan aplikasi untuk meng konfigurasinya, yaitu NB-Designer. 

firstscreen nb


NB-Designer

Aplikasi bisa di download disini. Versi NB-Designer yang akan kita bahas adalah versi 1.5. Spesifikasi komputer yang diperlukan NB-Designer untuk bisa running tidak dijelaskan secara spesifik. Penulis menggunakan Netbook AspireONE dengan CPU AMD Dual-core C-50 1 GHz. RAM 4 GB. NB-designer lancar digunakan tanpa hambatan berarti. Layar netbook yang hanya 12" support dengan NB-Designer. Untuk spesifikasi komputer, diatas spesifikasi tadi pastinya NB-Designer lancar digunakan. 

Setelah NB-Designer di install, jalankan program. Tampilan seperti ini

nbdesigner frontpage

Seperti umumnya program aplikasi, ada beberapa bagian yang familiar bagi kita. Seperti Menu, mirip dengan aplikasi Microsoft word, hanya beberapa bagian yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu-persatu tampilan dari NB-Designer

nbdesigner frontpage

A, Title Bar, berisi keterangan nama file dan lokasi file
B, Menu Bar, berisi semua perintah yang bisa diterapkan pada proyek
C, Toolbar, kumpulan icon perintah yang bisa diterapkan pada proyek. Sama seperti menu, tapi perintah berbentuk icon atau gambar, perintah-perintah pada Toolbar adalah yang umum dan sering dilakukan. Toolbar merupakan shortcut (perintah pintas) dari menu.
D, Project Library Window, berisi library (pustaka) atau komponen-komponen yang akan kita gunakan dalam membuat proyek, terdiri dari konektor, jenis HMI, Jenis PLC, komponen-komponen fisik, komponen-komponen fungsi dan database.
E, Output Window, berisi tampilan keterangan saat proyek di jalankan, pesan eror juga di tampilkan disini.
F, Status Bar, berisi keterangan posisi kursor, tinggi dan lebar objek target dan posisi relatif objek target.
G, Edit Window, tempat untuk men desain objek dan setting metode komunikasi antara PLC dan HMI
H, Project File Window, tampilan dengan struktur bercabang yang memberi keterangan hubungan HMI dengan file-file macro dan bitmap 
I, Project Work Space, tampilan dengan struktur bercabang berisi keterangan hubungan komponen-komponen, PLC dan HMI.

Itulah bagian-bagian dari tampilan pertama program aplikasi NB-Designer. Ada beberapa bagian yang sangat penting, ada juga yang tidak terlalu penting atau mungkin di abaikan. Dengan bertambahnya jam terbang dalam menggunakan NB-Designer, makin paham pula semua perintah dan fungsi yang ada di NB-Designer. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Aplikasi NB-Designer "