Membuat Soal dengan ExamView

examview icon

Pembelajaran online dilakukan untuk menunjang pembelajaran tatap muka. Seberapa hebat apapun platform yang digunakan, tidak bisa mengalahkan pembelajaran konvensional yaitu tatap muka. Terutama untuk pembelajaran yang memerlukan skill dan motorik. 

Salah satu platform pembelajaran online adalah moodle. Mayoritas pendidik maupun peserta didik, dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi mengenal moodle. Oleh karenanya banyak institusi pendidikan yang menggunakan moodle sebagai platform pembelajaran online nya. 

Moodle sangat fleksibel, bisa di gunakan secara online atau offline. Maksud online disini adalah moodle bisa di akses melalui internet, artinya dari manapun juga. Sedangkan offline, moodle cuma bisa di akses di jaringan lokal yaitu tidak memerlukan koneksi internet tapi dengan batasan, user hanya bisa meng akses moodle bila terkoneksi ke jaringan lokal dari moodle tersebut. Misalnya di sekolah, siswa bisa menggunakan moodle kalau terkoneksi dengan wifi sekolah, bila di luar jangakauan wifi sekolah, tidak bisa meng aksesnya.

Cara install moodle untuk di gunakan secara online bisa dilakukan melalui hosting atau VPSCara menggunakan moodle bisa di lihat disini.

Add Question di Moodle

Lalu apa hubungan antara examview dan moodle?. Untuk membuat soal di moodle bisa dilakukan secara manual.

type quiz
www.ditempel.com

Pertama menentukan tipe soalnya, ada pilihan ganda, jawaban singkat dan seterusnya. Misal kita membuat soal pilihan ganda. Pertama membuat pertanyaan lebih dahulu, kemudian option nya dan tentukan jawaban yang benar. 

option moodle
www.ditempel.com

Begitu seterusnya untuk soal-soal berikutnya. Memerlukan waktu yang lama untuk membuat soal, misal 40 butir soal. Untuk mengatasi hal itu, salah satu solusi menggunakan examview. Dengan examview membuat soal bisa dilakukan tanpa terhubung dengan moodle. Dan prosesnya lebih sederhana. 

Cara Membuat Soal di Examview

Pada tutorial ini kita membuat soal dengan tipe pilihan ganda. Jalankan aplikasi examview 

icon examview
www.ditempel.com

Buat file baru File > New Test isi dengan nama soal, misal Soal Matematika Pecahan

question title
www.ditempel.com

Tentukan tipe soal, klik New dipojok kiri bawah, pilih Multiple Choice > OK.

multiple choice
www.ditempel.com

Buat pertanyaa pertama, misal:  Berikut ini adalah penjumlahan pecahan, berapa jumlah pecahan tersebut ?

contoh soal
www.ditempel.com

Gambar pecahan menggunakan snipping, aplikasi penangkap layar bawaan window, di simpan dengan format JPG. Menempatkan gambar di examview dengan cara Insert > Picture pilih gambar yang di inginkan > Open 

choices
www.ditempel.com

Kemudian membuat option nya. Default option ada 4, bila ingin menambahkan pilih > Choices ubah ke 5. Berarti optionnya adalah a, b, c, d, e . Untuk menentukan option yang benar, klik bulatan kecil (radio button) pada jawaban yang benar

contoh soal
www.ditempel.com

Klik > Record (pojok kiri bawah) untuk menyimpan item soal. 

contoh soal
www.ditempel.com



Satu item soal sudah dibuat, tinggal melanjutkan membuat item soal berikutnya, pilih New. Untuk merubah pertanyaan atau optionnya bisa pilih Edit dengan terlebih dahulu memilih item soal.

Bila semua item soal sudah dibuat, simpan soal File > Save. Soal sudah tersimpan dengan format examview ekstensi nya .tst

Untuk upload ke moodle, soal harus di ubah dulu formatnya ke Blackboard, caranya File > Export > Blackboard 6.0 - 7.0 > beri nama. Akan tampil isian untuk melengkapi file tersebut atau membuat test package.

export to blackboard
www.ditempel.com

Isi seperti gambar atau sesuai keinginan, pengisian tidak terlalu berpengaruh saat peng upload an. Yang terpenting Name harus di ingat, untuk memudahkan peng upload an. Setelah semuanya selesai, file akan tersimpan dengan ekstensi .zip

File zip tersebut siap untuk di upload ke moodle. 

Itulah cara membuat soal di exam view, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Membuat Soal dengan ExamView"