Tutorial Membuat Soal Pilihan Ganda dengan Google Forms

forms

Ujian online akhir-akhir ini diminati sebagai platform untuk melaksanakan ujian. Tidak menggunakan kertas atau paperless menjadi salah satu pilihan untuk memilih ujian online. Disamping itu, kepraktisan dan kehandalan dalam mendapatkan hasil ujian, juga penentu makin trend nya ujian online. Kecurangan hasil ujian juga bisa dihindari dengan mengadakan ujian online.

Banyak platform yang ditawarkan untuk membuat ujian online. Yang terkenal salah satunya adalah moodle. Untuk aplikasinya moodle bisa digunakan secara gratis, tapi memerlukan hosting yang tentunya tidak gratis. Platform lain yang menawarkan layanan gratis adalah google forms. Layanan dari google ini tidak memerlukan hosting, yang berarti sepenuhnya free

Berikut ini tutorial membuat soal pilihan ganda menggunakan google forms. Tutorial di khususkan menggunakan perangkat handphone. 

Google Forms

Google form berbasis web tidak ada aplikasi yang perlu di download. Langkah-langkah membuat soal pilihan ganda dengan google forms, di jelaskan berikut ini

1. Akses ke google forms

Di rekomendasikan menggunakan browser google chrome untuk akses ke google forms. Ketik forms.google.com di address. Tampil halaman google forms

forms


2. Beri Identitas Forms

Pada tampilan, ada tulisan formulir tanpa judul. Tentukan identitas atau edit pada kalimat tersebut. Misal Latihan Membuat Soal, untuk formulir tanpa judul bagian atas. Pada bagian bawah ubah ke Soal Pilihan Ganda. Deskripsi formulir untuk sementara di biarkan.

form identity


3. Menentukan Jenis Pertanyaan dan Menulis Soal

Dibawah nama forms, terdapat tulisan Pertanyaan Tanpa Judul. Disitu bisa kita edit dengan menulis soal. Pada pilihan jenis pertanyaan, bisa kita pilih Jawaban singkat, Pilihan ganda, Drop-down atau juga untuk mengirim file.

task


Opsi 1 digunakan untuk meng input option/pilihan jawaban dari soal pilihan ganda (bila kita memilih jenis pertanyaan pilihan ganda). Tambahkan opsi untuk menambahkan option selanjutnya. Wajib diisi di enable, agar tidak bisa submit sebelum pertanyaan di jawab.

Kumpulan icon di bawah soal, untuk kontrol soal. Icon lingkaran dengan tanda plus di tengah untuk menambahkan soal selanjutnya.

4. Jadikan Kuis

Soal pilihan ganda dan option nya, belum bisa ditentukan mana jawaban yang benar. Untuk itu google forms jadikan kuis terlebih dahulu.


make quiz

Ke tab setelan, Jadikan ini sabagai kuis di enable. Kemudian ke tab Pertanyaan kembali, di bagian bawah pojok sebelah kiri muncul icon persegi dengan tanda ceklist (answer key). Dengan icon ini, kita bisa menentukan option yang benar dan jumlah poin yang di dapat jika menjawab benar.


ceklist option


Tentukan poin nya dan option yang benarnya. Kemudian selesai.


true option


5. Share Soal

Setelah membuat soal, menentukan option yang benar dan menetapkan poin, saatnya share soal. Pada bagian atas ada sekumpulan ikon. Pilih ikon send (gambar segitiga).


share


Tampil metode yang bisa di pilih untuk mengirim soal. Bisa melalui email, link atau html. Pilih metode pengiriman soal melalui link yang bisa di bagikan (icon gambar rantai)


link

Beri tanda ceklist untuk memperpendek URL. Kemudian pilih Salin. Link soal tersimpan di clipboard. Link tersebut bisa di paste kan ke Whatsapp dan platform lainnya. User yang meng klik link tersebut akan di arahkan menuju soal pilihan ganda yang sudah kita buat.

Itulah cara membuat soal pilihan ganda secara sederhana menggunakan google forms. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Tutorial Membuat Soal Pilihan Ganda dengan Google Forms"