Menggunakan Modul LCD 16 x 2

Tiga bagian utama dalam sistem arduino yaitu input, proses dan output saling berhubungan, jangan sampai salah satunya failed. Bila menghendaki keluaran yang sesuai pada output, maka bagian input harus bisa menangani masukan dengan baik, dan semuanya berjalan sesuai keinginan bila bagian proses melakukan tugasnya dengan benar.

Salah satu output yang digunakan pada sistem arduino adalah LCD (liquid crystal display)  16 x 2. Dengan nomor seri 1602A, angka 16 adalah jumlah kolom dan 2 jumlah baris.

lcd 1602
www.ditempel.com


LCD ini banyak digunakan pada aplikasi arduino yang membutuhkan monitoring output ataupun proses yang terjadi pada sistem. Dan juga sebagai pengganti dari serial monitor, karena serial monitor bisa menampilkan data bila arduino terkoneksi ke komputer.

LCD dilengkapi dengan 16 pin yang bisa dihubungkan ke arduino, dengan keterangannya masing-masing.

pinout lcd1602
https://howtomechatronics.com/

Pin paling kiri bertuliskan VSS berfungsi sebagai ground, bisa dihubungkan dengan GND pada pin arduino. Berikutnya VDD atau VCC dihubungkan dengan sumber tegangan 5 volt, juga bisa dihubungkan dengan pin 5v pada arduino. V0 digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan atau kontras LCD, dihubungkan dengan potensiometer, bisa menggunakan dengan nilai 10K ohm. Percobaan tanpa menggunakan potensiometer gagal dilakukan karena LCD sangat cerah sehingga karakter tidak bisa dilihat.

RS berfungsi mengirim perintah atau data ke LCD. Bila RS di set LOW, akan mengirim perintah, misal menghapus layar, mematikan layar, menentukan posisi kursor dan seterusnya. Bila RS di set HIGH berarti mengirim data, misal mengirim karakter untuk ditampilkan dan seterusnya. Kemudian RW berfungsi untuk read atau write ke LCD, kita tidak terlalu membutuhkan fungsi pin ini, dihubung ke ground. Berikutnya E = enable berfungsi untuk menulis ke register

Pin D0, D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7 digunakan untuk mengirim data ke LCD, ada 8 bit. Pada praktek kali ini kita hanya menggunakan mode 4 bit, jadi hanya pin D4, D5, D6 dan D7 yang digunakan. Pin yang terakhir anoda (A) dan katoda (K) dari LCD. Anoda dihubung ke 5 volt, katoda ke ground.

Dari ke enambelas pin hanya pin RS, E, D4, D5, D6, D7, yang dihubungkan ke pin arduino. Untuk pin yang lain ke sumber tegangan dan ground, satu pin ke potensiometer. Kita rangkai LCD seperti dibawah ini

lcd circuit
www.tinkercad.com

Kemudian copy kode dibawah ini

Menampilkan karakter di LCD semudah menuliskan di monitor karena tidak perlu menghafal kode ASCII (American standard code for information interchange) untuk menampilkannya.

lcd circuit real
www.ditempel.com
Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Menggunakan Modul LCD 16 x 2"