Persiapan Install Debian 10 Buster di Virtual Box

debvb




Virtual box adalah aplikasi untuk mesin virtual. Mengapa harus menggunakan mesin virtual? adakalanya kita ingin belajar konfigurasi sebuah sistem operasi tapi tidak mengganggu sistem operasi yang sekarang sedang digunakan. Maka mesin virtual adalah solusinya. 

Mesin virtual bisa digunakan sebagai server betulan artinya server yang digunakan untuk keperluan web server, database, ftp, mail dan lain-lain. Baik secara lokal maupun online. Keuntungannya bisa mengaplikasikan berbagai server dalam satu waktu, karena mesin virtual mendukung multiple sistem operasi.

Bagaimana cara install sistem operasi di virtual box? Kita akan lakukan praktek cara install debian 10 di virtualbox. Operating system (OS) Debian 10 dengan codename Buster. Install OS di virtual box sangat fleksibel, cukup sediakan file iso nya, tidak perlu di bootable. Untuk ISO Debian bisa di download disini.

Netinst

Pada Debian tersedia paket instalasi netinst atau network install. Dengan paket ini, ukuran file ISO lebih kecil sekitar 350 MB, dibandingkan paket ISO utuh 1 DVD sebesar 3,7 GB. Untuk instalasi minimal, khusus untuk fungsi network menggunakan netinst lebih disarankan, karena ukuran file lebih kecil, instalasi lebih cepat, tidak menghabiskan terlalu banyak memori hardddisk. Untuk penambahan paket dapat dilakukan dengan download dari repository terpercaya.

Versi Debian yang digunakan adalah debian-10.9.0-amd64-netinst. Untuk virtual box menggunakan versi 6.1.

vb 6.1


Langkah-langkah Konfigurasi Virtual Machine

1. Jalankan virtual box, pilih Baru > buat mesin virtual. Konfigurasi seperti contoh dibawah ini

konfigurasi mesin virtual
www.ditempel.com

2. Lanjut. Konfigurasi kapasitas memori yang digunakan untuk mesin virtual. Usahakan dalam batas kapasitas memori dengan tanda warna hijau. Lanjut atau Next

pengaturan memori
www.ditempel.com

3. Ikuti langkah berikut. Pengaturan tidak terlalu penting pada tahap ini, kita bisa menggunakan default dari virtualbox

step configuration vb
www.ditempel.com

Klik > Buat. Mesin virtual siap untuk dijadikan media untuk install sistem operasi Debian 10.

deb_buster
www.ditempel.com

4. Memulai instalasi. Pilih Pengaturan > Penyimpanan. Pilih file ISO Debian 10 Netinst yang sudah disiapkan.

choose iso file
www.ditempel.com

Tampilan di Penyimpanan akan seperti ini > OK.

iso debian mount
www.ditempel.com

5. Jalankan mesin virtual klik > Mulai. Tunggu beberapa saat,

start install buster

Tampil first page proses instalasi Debian 10 Buster. Selanjutnya instalasi bisa dimulai. Itulah cara install debian 10 di virtualbox bagian persiapan yaitu konfigurasi virtual box. Artikel selanjutnya Step by Step Install Debian 10 Buster di VirtualBox.

Posting Komentar untuk "Persiapan Install Debian 10 Buster di Virtual Box"