Panduan Belajar Python Dengan Pydroid 3 Menggunakan Smartphone

pydroid cover

Bahasa Python sebagai bahasa pemrograman yang populer saat ini. Pengguna python di dunia mengalami kenaikan yang signifikan. 

statista python

Seiring dengan perkembangan bahasa python yang makin populer, bermunculan aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk memprogram python. Baik yang menggunakan platform komputer maupun platform smartphone. Pada komputer berbasis window, ada aplikasi Thonny, aplikasi ini ringan dan mudah digunakan, tidak memerlukan banyak memory untuk bisa running. Pada smartphone ada Programiz, Pydroid 3 dan yang lainnya.

Pydroid 3

Kita akan pelajari salah satu aplikasi berbasis smartphone, yaitu Pydroid 3. Untuk pengguna android Pydroid 3 bisa di download dari Play Store. Ukuran file sebesar 54 Mb. Ketik kata pydroid di pencarian google play, pilih aplikasi Pydroid 3 - IDE for Python 3, pada link yang muncul, tap Install. Proses download aplikasi mulai berjalan, tunggu beberapa saat.

pydroid 3


Aplikasi Pydroid 3 termasuk freeware artinya bebas di download dan digunakan. Tersedia juga versi premium nya, dengan beberapa fasilitas tambahan yang bisa digunakan, yaitu code analysis dan code prediction. Dan yang pasti,versi premium tanpa iklan. Berikut ini cara menggunakan pydroid 3

welcome pydroid


Download dan install selesai, langkah selanjutnya beberapa sedikit konfigurasi, ikuti langkah di bawah ini

install pydroid


Di akhir konfigurasi, ada tawaran untuk menggunakan versi premium. Bisa anda pertimbangankan tawaran ini, karena biaya yang dikenakan tidak terlalu besar. 

premium version


Konfigurasi selesai, Pydroid 3 siap digunakan untuk memprogram bahasa pemrograman python.

Menampilkan "Hello, World !"

Bahasa pemrograman mempunyai cara yang berbeda untuk menampilkan tulisan "Hello, World!" Dari berbagai bahasa pemrograman yang ada, python mempunyai cara yang paling sederhana untuk menampilkan "Hello, World!" 

Kita akan menampilkan kalimat "Hello, World!" di python dengan aplikasi pydroid 3. Pada tampilan awal, ada beberapa menu yang perlu diketahui. Menu ini yang akan sering kita pakai saat mem program python.

menu pydroid




Pada prompt atau kursor garis tegak di samping angka 1 (menyatakan baris ke satu), ketik h = "Hello, World!", kemudian posisi kan kursor di paling belakang atau paling kanan lalu enter (memindahkan posisi kursor ke bawah, baris 2). Ketik print (h) di baris kedua. 

print pydroid



Jalankan program, klik tombol play dengan lingkaran warna kuning, di pojok kanan bawah.

hello world


Tampil tulisan Hello, World! dengan background black screen. itulah cara menggunakan pydroid 3, contoh pertama dari program python. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Panduan Belajar Python Dengan Pydroid 3 Menggunakan Smartphone"