Membuat User dengan Format Moodle Menggunakan Excel

user moodle excel format
Pada moodle, menambahkan user bisa dilakukan secara masif/banyak sekaligus tidak perlu satu-persatu. Hal ini mempermudah Admin untuk menambahkan user, apalagi jumlah pengguna modle lebih dari 1000 user. 

Add a new user

Menambahkan user satu persatu, menggunakan menu Site Administration > Users > Add a new user. Isi username, New password, First name, Surname, email address dan seterusnya. Saat pengisian password ada ketentuan untuk mengikuti patokan dari moodle. Yaitu harus ada huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. dan minimal 8 karakter. Bila tidak ingin mengikuti patokan moodle, unceklist pada menu Password Policy (lebih lengkap silahkan baca ini)

Create user with Excel 

Untuk mengetahui format yang didukung moodle untuk menambahkan user, bisa di download di menu users. File example.csv yg di download


Formatnya seperti ini

username version moodle

File excel yang di download formatnya csv (comma separated values). Nilai dari masing-masing kolom dipisahkan oleh koma. Aslinya mempunyai format tabel, untuk kemudahan bahasa pemrograman mengolah tabel, maka di ubah ke format csv. 

Pada gambar ada 4 kolom, kita tambahkan kolom password, menjadi

format user on moodle


Kita akan memasukkan nama siswa suatu kelas menjadi user. Data yang kita miliki hanya nama dan kelas, sedangkan kolom ada 5. Data yang ada kita olah dulu sehingga bisa memenuhi syarat untuk di upload di moodle.

  • Tulis nama lengkap siswa di kolom lastname
  • Tulis nama kelas di kolom firstname
  • Gunakan rumus di excel untuk mendapatkan password dari nama siswa
  • Gunakan password dan tambahkan dengan angka untuk mendapatkan username
  • Isi email

lastname on moodle

Rumus excel digunakan untuk menentukan password terlebih dahulu, kemudian data password digunakan untuk mendapatkan username. Mengapa password dulu yang di cari? Hal ini untuk mencegah bila menemui nama yang sama. Username tidak boleh sama tapi password bila sama, tidak masalah.

Mendapatkan password menggunakan rumus: 

 =LOWER( IFERROR(LEFT(D2;FIND(" ";D2; 1)-1);D2)) 

Untuk username menggunakan rumus

=CONCATENATE(B2;COLUMN((INDIRECT((MID(B2;2;1)&1))));IF(D3="";"";ROW()-1))

Untuk email menggunakan rumus

=CONCATENATE(A2;"@";"eddu.my.id")

Penentuan rumus diatas adalah contoh untuk mengisi kolom yang ada di tabel user moodle. Tidak ada ketentuan harus seperti itu, diserahkan pada kebutuhan dan keinginan admin.

user moodle completed


File yang sudah lengkap terisi semua kolom-kolomnya di save as dengan format file csv. 

Artikel selanjutnya bagaimana cara upload user dan seting cohort.

Posting Komentar untuk "Membuat User dengan Format Moodle Menggunakan Excel"