Upload Users dan Setting Cohorts

user moodle


Pada artikel sebelumnya dijelaskan cara cepat membuat user moodle dari tabel excel (lihat Membuat User dengan Format Moodle Menggunakan Excel). File excel tersebut disimpan dengan ektensi .xlsx. 

rumus username

Ada 2 kelompok yang berbeda. Dalam hal ini, kelompok tersebut diberi nama kelas, 12 TKJ 1 dan 12 TKJ 2

Paste Values

Moodle hanya mengijinkan upload user dalam format .csv (comma separated values). File .xlsx kita save as ke bentuk .csv. Tapi sebelum kita save as, file asli kita copy dahulu dengan cara blok cell, klik kanan copy, kemudian buat file baru, paste values.

klik kanan copy



paste values


File baru dari hasil paste values di simpan dengan format .csv. Langkah copy paste values dilakukan untuk menghilangkan rumus yang dibuat. Bila tidak dilakukan, akan terjadi error saat upload user di moodle.


save as csv

Upload users

File csv kita upload di moodle. Ke menu Site administration > Users > Upload users

upload users1

Pilih file csv. Sebelum upload users perlu diperhatikan untuk melakukan beberapa setingan.
CSV delimiter diubah ke titik koma (;). Bila upload tidak bisa dilakukan, di ubah ke koma (,). Disesuaikan dengan setingan lokal komputer. 

csv delimiter

Akan tampil user yang di upload. Cek kembali nama-nama user apakah sudah sesuai atau belum. Kemudian pilih tombol Upload users di bagian bawah, kemudian continue.

upload users preview


Setting Cohorts

User yang telah kita upload terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelas 12 TKJ 1 dan kelas 12 TKJ 2. Keberadaan 2 kelompok ini akan menyulitkan, bila menginginkan hanya kelas 12 TKJ 1 saja yang bisa mengerjakan soal yang sudah di enroll (ditetapkan). Karena kita akan memilih satu persatu siswa kelas 12 TKJ 1. Kesulitan ini bisa dipecahkan dengan setting cohorts (group).

Semua user yang sudah di upload bisa kita kelompokkan ke grup-grup, sehingga memudahkan dalam manajemen users. Penentuan firstname dengan nama kelas, itu juga memudahkan kita untuk setting cohorts

Masih di menu users > cohorts > add new cohort. Kita buat terlebih dahulu cohort nya

add new cohort


Beri nama cohort pertama Kelas 12 TKJ 1 > save changes. Lakukan langkah yang sama untuk cohort kedua, 12 TKJ 2.



Nama-nama cohort yang sudah dibuat bisa di lihat di system cohorts.

system cohorts
Langkah selanjutnya, menambahkan user ke dalam cohorts. Masih di menu users > Bulk user actions

bulk user actions


Pilih nama user dengan awalan 12 TKJ 1, caranya tekan shift + klik nama, tombol shift tidak dilepas, klik nama yang lain hingga semua nama yang berawalan 12 TKJ 1 terpilih semua. Pilih Add to selection 



Pada kolom di samping kanan tampil nama-nama yang kita pilih. Pada bagian bawah, pilih with selected users choose  pilih Add to cohort

add to cohort


Tampil nama-nama user yang siap di masukkan ke dalam cohort, kemudian scroll ke bawah. Pada isian cohort pilih Kelas 12 TKJ 1 > pilih tombol Add to cohort.



Selesai untuk cohort Kelas 12 TKJ 1, tampilan akan kembali ke add to selection. Lakukan langkah yang sama untuk cohort Kelas 12 TKJ 2.

Setting cohort sangat-sangat berguna bila data user banyak, bahkan melebihi 1000 user. Enroll course bisa dilakukan dengan cepat dan meminimalisir kesalahan.

Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Upload Users dan Setting Cohorts"