Menyiapkan Aplikasi Blynk untuk Proyek IoT

blynk icon




Aplikasi blynk begitu populer untuk proyek-proyek berbasis IoT (internet of things). Blynk berbasis Android dan iOS, sangat fleksibel dalam penggunaannya. Aplikasi ini digunakan untuk mengendalikan microcontroller. Contoh microcontroller yang kompatibel dengan blynk ESP32, ESP8266, Raspberry pi, Arduino dan masih banyak lagi.

how blynk work
Hampir tidak memerlukan komputer untuk menjalankan blynk. Mungkin saat upload kode ke board microcontroller yang membutuhkan komputer. Hanya butuh smartphone dan koneksi. Koneksi bisa menggunakan wifi, bluetooth maupun ethernet. 

Install Blynk

Gunakan perangkat android untuk mendownload blynk dari Play store atau bisa juga App store bagi pengguna iOS.

blynk play store

Pilih yang ada tulisan legacy nya, kemudian install. Pada tampilan awal, diharuskan login ke aplikasi blynk. Pilih Log In with Facebook 

blynk login


Aplikasi Blynk siap digunakan

Membuat Akun Blynk

Versi blynk yang sudah kita install adalah versi terdahulu, ada versi blynk yang lebih baru. Namun karena masih populernya blynk versi terdahulu, jadi sampai saat ini masih banyak digunakan. Untuk menggunakannya kita harus membuat akun di blynk. Pembuatan akun hanya tersedia di versi terbaru. Langkah installasi dilanjutkan dengan mendownload dan install aplikasi blynk terbaru.

install blynk iot


Sign Up untuk membuat akun baru di blynk,

signup blynk

Isi email dengan email yang valid, klik Terms and conditions kemudian continue. Pada akhir pembuatan akun, diharuskan cek email. Di email ada link untuk membuat password

cex inbox blynk

Membuat akun di blynk, selesai dilakukan. Perhatikan email yang di daftarkan harus selalu ingat nama email dan passwordnya.

Konfigurasi Arduino

Aplikasi blynk berjalan di android, untuk memprogram microcontroller nya, masih tetap menggunakan Arduino IDE. Pertama kali install, secara default Arduino IDE hanya bisa digunakan untuk memprogram board microcontroller Arduino saja. Untuk jenis microcontroller yang lain perlu ditambahkan library pada Arduino IDE. Misal untuk microcontroller ESP32 harus ditambahkan library untuk ESP32 (tutorial bisa dilihat disini). Begitu juga aplikasi blynk, harus ditambahkan library untuk blynk.

Jalankan Arduino, ke menu sketch > Include Library > Manage Libraries, pastikan komputer yang sedang menjalankan Arduino terkoneksi ke internet. Ketik Blynk pada jendela Lybrary Manager.

library manager


Pilih versi yang terakhir. Install. Proses instalasi akan berjalan.

blynk installed


Akan tampil keterangan installed untuk aplikasi bynk. Blynk siap digunakan.

Posting Komentar untuk "Menyiapkan Aplikasi Blynk untuk Proyek IoT"