Arti Simbol Pada Flowchart

cover flowchart

Pengertian flowchart dan cara menggunakan flowchart di jelaskan pada artikel Mengenal Flowchart. Ada beberapa simbol yang digunakan untuk membuat flowchart. Simbol-simbol ini berbentuk bangun datar yang beraneka bentuk. Ada yang berbentuk persegi panjang, oval, jajaran genjang dan seterusnya. 

Kapan harus menggunakan persegi panjang, kapan harus menggunakan belah ketupat, ada aturannya. Karena tiap simbol mempunyai fungsi masing-masing yang berbeda dengan simbol lainnya.

Berikut ini arti dan fungsi dari masing-masing simbol:

1. Terminator

   terminator
Simbol terminator digunakan untuk memulai dan mengakhiri proses. Ditempatkan di awal dan di akhir.

2. Process





Simbol ini digunakan menjelaskan suatu proses dilakukan. Kaitan dengan pemrograman, berarti proses yang dilakukan oleh komputer. Pada simbol proses, bisa dituliskan proses/operasi yang sedang berlangsung. Proses/operasi ini berupa tindakan, misal penjumlahan, perkalian, pemotongan, pemilihan dan seterusnya.

3. Decision    





Simbol berbentuk diamond ini, digunakan untuk menghasilkan dua keadaan yang berbeda. Biasanya digambarkan dengan "Ya" atau "Tidak" tapi tidak selamanya seperti itu, bisa kemungkinan lain. Maksud dua keadaan berbeda disini adalah kondisi suatu data ketika mendapatkan perlakuan, akan menghasilkan data yang berubah atau data yang tidak berubah, dari data awal sebelum masuk ke decision. Misal proses mengupas buah mangga. Buah mangga dikupas kemudian masuk ke decision. Di sini buah mangga di cek, apakah kulit nya sudah bersih? 

Bila tidak ada kulitnya akan menghasilkan "Ya" proses selesai. 
Bila masih ada kulitnya akan menghasilkan "Tidak" proses akan diulang.

4. Data





Simbol berbentuk jajaran genjang ini, digunakan untuk menjelaskan data/informasi yang masuk atau keluar dari sistem. Ada yang menyebut sebagai simbol input/output. 

5. Document





Simbol ini digunakan sebagai input dalam bentuk dokumen fisik atau digunakan sebagai output dalam bentuk printout atau berbentuk laporan.

6. On-Page Reference




Simbol berbentuk lingkaran digunakan untuk memberi keterangan suatu proses disambung atau dilanjutkan ke bagian lain, tapi masih dalam satu halaman. Didalamnya ditulis huruf. Nanti akan muncul dua lingkaran yang bertuliskan huruf yang sama pada satu halaman, berarti itu adalah proses yang dilanjutkan.

7. Off-Page Reference




Simbol ini mirip dengan on-page reference, Tapi kelanjutan prosesnya berada di halaman yang berbeda.

8. Flow






Simbol berbentuk garis dengan anak panah, menunjukan arah aliran proses yang berlangsung. Ke arah mana urutan proses menuju.


Itulah beberapa simbol dan fungsinya masing-masing yang digunakan pada flowchart.

Posting Komentar untuk "Arti Simbol Pada Flowchart"