Distro Linux Terbaik Tahun 2021

distro linux


Ada banyak macam distro linux yang beredar saat ini, ada buatan lokal Indonesia seperti BlankOn, IGOS Nusantara dan lain-lain. Ada juga buatan luar negeri yang di support dari berbagai negara. Distro (istilah lain distribution) Linux merupakan sistem operasi yang sebagian besar freeware (gratis). Yang membuat Linux tetap exist dan bisa bersaing dengan sistem operasi berbayar adalah dukungan dari berbagai kontributor di seluruh dunia yang menambah fitur-fitur pada sistem operasi dan memperbaiki bug yang muncul. 

deb logo


Distro Linux mempunyai kekhususan dalam kegunaan dan fungsinya. Misal Debian dan Ubuntu, bagus untuk aplikasi dekstop. Redhat dan CentOS untuk kebutuhan server. Kali Linux untuk ethical hacking. Para pemakai distro akan memilih distro sesuai kebutuhan dan fungsinya, walaupun ada beberapa yang "fanatik" terhadap distro tertentu. Contoh: bagi yang fanatik dengan Debian, akan selalu memakai debian walaupun untuk kebutuhan server, karena debian pun bisa untuk me manage server. Untuk urusan hacking juga debian bisa digunakan, tinggal menambahkan package yang dibutuhkan untuk hacking. Kesimpulannya, banyak parameter yang digunakan pengguna untuk menentukan distro mana yang dipilih. 

Berikut ini daftar distro terbaik.

RHEL 8

RHEL (red hat enterprise linux). RHEL adalah linux RedHat yang berbayar. Mengapa berbayar? yang membuat RHEL tidak gratis adalah banyak vendor yang digandeng redhat, dan ini tidak gratis. Vendor-vendor ini menyediakan multi platform untuk penggunaan redhat. Serta jaminan keamanan yang bisa diandalkan. Para konsumen RHEL adalah perusahaan, dimana membutuhkan kerja sama tim, yang setiap individunya bisa bebas menggunakan RHEL di platform manapun.

rhel slogan

Slogan RHEL reliable, compliant, secure bisa mengawakili motivasi banyak perusahaan untuk menggunakan RHEL. Apakah kita bisa mencoba rhel secara gratis? kita bisa mencoba rhel selama 60 hari. Download sistem operasi bisa melalui link ini, RHEL 8.

CentOS 8

Distro linux centos 8 berbasis komunitas. Menciptakan suatu sistem operasi linux yang gratis dan tangguh. Centos mempunyai 2 versi, yaitu centos 8 dan centos 8-stream. Versi terakhir bisa didapatkan di centos 8, kabarnya centos 8 akan ditutup dan dihentikan dukungannya pada Desember 2021. Pengguna masih tetap bisa menggunakan centos 8-stream. Versi centos ini mempunyai banyak fitur yang diturunkan dari RHEL dan Fedora. 

eol centos 8


Instalasi bisa dilakukan melalui link download Centos.

AlmaLinux

Linux ini termasuk baru dan gratis. Kemunculan AlmaLinux untuk mengambil alih Centos 8, yang akan berakhir masa penggunaannya. AlmaLinux merupakan tiruan dari RHEL 8. Seperti halnya RHEL, AlmaLinux bisa digunakan secara virtual, install pada dekstop bahkan komputer sekelas server perusahaan. 

AlmaLinux termasuk distro linux terbaru, belum genap 1 tahun setelah release pertama, 30 Maret 2021.

alma migration


Untuk mendapatkan AlmaLinux, bisa di download gratis dari official web

Fedora

Fedora termasuk distro linux gratis. Fedora sangat fleksibel dan handal dalam mengerjakan tugas apapun, bisa digunakan di laptop maupun server. Fedora pertama di rilis pada tanggal 6 November 2003, dari kemunculannya hingga saat ini fedora melakukan inovasi dalam pengembangan cloud dan container. 

fedora

Versi terbaru Fedora bisa di download di Fedora 35.

Debian

Distro Linux yang satu ini sangat populer. Mempunyai 59000 packages, distro linux yang paling komplek. Awal release pada tanggal 15 September 1993, berusia 28 tahun menjadikan debian distro linux yang paling tua. Hingga Desember 2021 debian sudah release versi Debian 11.1 dengan codename: bullseye

debian universal


Debian bisa dicoba yang versi netinst, dengan kapasitas kecil dan source minimal cukup untuk menjajal debian dengan mode CLI (command line interface). File ISO debian bisa di download di iso debian

Ubuntu

Berikutnya distro linux yang cukup tua, Ubuntu. Pertama release pada Oktober 2004, dengan codename Warty Warthog versi Ubuntu 4.10. Awalnya ubuntu dibuat dari tim kecil pengembang Debian, dengan mendirikan Canonical yang kemudian membuat linux yang mudah di operasikan dengan mode dekstop disebut Ubuntu.

canonical


Versi terbaru ubuntu pada Desember 2021, versi 21.10 dengan codename Impish Indri

Linux Mint

Linux mint berbasis debian dan ubuntu, fokus pada sistem operasi linux yang powerful, elegant dan easy. Pertama release pada Agustus 2006, masuk kategori distro yang sudah berumur.

mint


Linux tersedia dengan 3 edisi, Cinnamon, Mate, Xfce semua dalam mode dekstop. Linux mint fokus ke tampilan dan graphic, user yang ingin menggeluti multimedia, linux mint adalah distro yang tepat. Versi terbaru Linux Mint 20.2 "Uma".

Manjaro

Pertama release pada Juli 2011, Manjaro Linux bisa dibilang distro dengan usia muda.  Dengan motto useful for everyone hadir dengan aplikasi bawaan yang sangat dibutuhkan berbagai kalangan. 

manjaro free


Tersedia dengan 3 edisi, XFCE, KDE Plasma, GNOME, Versi terbaru Manjaro 21.1.6 dengan codename Pahvo

Kali Linux

Distro linux ini melakukan tugas spesial, yaitu Penetration testing and security istilah kerennya di gunakan untuk hacking. Tugas spesial ini dijadikan tool untuk Computer Forensics, Reverse Engineering, and Security research. Jadi hacking yang dilakukan untuk keperluan positif, membuat pertahanan keamanan.

kali


Berbasis Debian, Kali Linux release pertama kali 13 Maret 2013. Versi terakhir dari Kali Linux adalah Kali 2021.3.

openSUSE

First release pada 6 Oktober 2005. OpenSUSE fokus pada dekstop dengan penggunaan sistem administrasi, pengembang dan newbie. Tersedia 2 versi, Tumbleweed, dengan updates bergulir (tidak terjadwal) di lengkapi dengan fitur-fitur terbaru, perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Leap, updates secara berkala dengan periode tertentu.

open suse

Versi terbaru Leap 15.3. Untuk mendapatkan DVD ISO dari openSUSE bisa di download di opensuse.org

Arch

Hadir dengan arsitektur 32 bit dan 64 bit, Arch Linux menganut ke sederhanaan. Begitupun official web nya, terkesan sederhana. Sederhana bukan berarti tertinggal, Arch Linux merupakan distro linux yang canggih dan powerfull.

arch


Pertama release pada 11 Maret 2002. Versi terbaru 2001.12.1. Untuk mencoba Arch Linux bisa di download di archlinux


Kesimpulan

Banyak sekali pilihan untuk menggunakan linux. Ada beberapa alasan untuk memilih salah satu distro ataupun beberapa distro sekaligus. Disesuaikan dengan kebutuhan, dan juga memperhatikan spesifikasi hardware dari personal computer yang dimiliki. Sudah saatnya kita jangan bergantung pada sistem operasi windows. Gunakan Linux yang gratis dan powerfull.


Posting Komentar untuk "Distro Linux Terbaik Tahun 2021"