Mengenal Flowchart

sample flowchart


Bahasa pemrograman dibuat dengan teliti dan sistematis agar hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan yang matang, output yang dihasilkan dipastikan sesuai dengan ekspektasi. Ada tahapan-tahapan yang dilakukan dalam membuat program. Berikut tahapannya:
  1. Analisis kebutuhan
  2. Perencanaan 
  3. Pembuatan desain
  4. Implementasi
  5. Dokumentasi
  6. Testing
  7. Deployment
  8. Maintenance dan update
Tahapan pertama, analisis kebutuhan. Seorang programmer harus bisa menentukan tujuan pembuatan program berdasarkan pesanan dari pengguna. Flatform apa yang akan dipakai, input bersumber dari mana? eksekusi dilakukan pada bagian apa? outputnya berupa apa? Semua hal tersebut harus dipikirkan dengan seksama oleh seorang programmer, agar program yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi pengguna.

language python


Ada tool yang digunakan programmer untuk membuat program, tool ini sangat membantu dalam perencanaan dan pembuatan program. Tool yang di maksud adalah Flowchart. Dari arti katanya flowchart adalah diagram yang menjelaskan alur kerja atau proses. Bisa juga didefinisikan sebagai gambaran suatu bagan proses dengan pendekatan langkah demi langkah untuk menyelesaikan tugas.

Flowchart terdiri dari simbol-simbol yang mempunyai fungsi tertentu. Beberapa simbol tersebut merupakan urutan langkah-langkah yang harus di terapkan pada suatu tugas. Dengan hasil akhir berupa pemecahan dari tugas tersebut. Berikut contoh flowchart sederhana

flowchart simple

Dengan melihat contoh diatas, bisa diterapkan membuat flowchart untuk suatu tugas tertentu, misal mengupas buah mangga.

flowchart mangga


Buah mangga akan terus mengulangi proses pengupasan sebelum terpenuhi bersih dari kulitnya.

Itu adalah contoh sederhana penggunaan flowchart. Tentunya penerapan saat membuat program, tidak sesederhana itu, membutuhkan beberapa lembar flowchart untuk menjelaskan bagaimana suatu program berjalan. 

Dan keuntungan lain dari penggunaan flowchart adalah bisa bekerja secara tim. Tiap bagian bisa dikerjakan oleh orang yang berbeda. Nanti setelah pekerjaan selesai, bagian-bagian tersebut di gabung menjadi satu program yang utuh. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Flowchart"