Menyalakan LED Via Web Server ESP32 Mode Soft AP

esp32 led ap


Mengulas artikel sebelumnya, pada bahasan ESP32 Sebagai Web Server dengan Mode Soft Access Point, ESP32 bisa sebagai station maupun sebagai access point. Pada mode station ESP32 dengan perangkat penghubung/pengendali terkoneksi dengan satu wifi yang sama. Sebaliknya pada mode access point ESP32 memancarkan wifi sendiri, perangkat penghubung/pengendali melakukan koneksi dengan wifi yang dipancarkan ESP32.

Perangkat penghubung/pengendali bisa berupa smartphone atau laptop, syaratnya hanya perangkat wifi yang bisa terhubung dengan sinyal dari akses point ESP32. Karena sinyal wifi berasal dari ESP32 maka tidak diperlukan koneksi internet untuk mengontrol ESP32. Otomatis pengendalian tidak bisa berbasis cloud, hanya bersifat lokal.

Akses point pada ESP32 tidak berasal dari koneksi lain, tipe akses point seperti ini di sebut Soft AP (access point). Jangkauannya tidak terlalu jauh dan sukar untuk menembus tembok. Maka praktek yang dilakukan sebaiknya memperhitungkan jarak antara ESP32 dan alat pengendali (smartphone)

Library Wifi.h

Library Wifi.h digunakan di ESP32 mengatur semua keperluan untuk koneksi wifi. Sebelum menggunakan library Wifi.h, tambahkan terlebih dahulu URL boards manager ESP32. Caranya bisa lihat disini. Pada saat upload program, jangan lupa pilih board nya ESP32 Dev Module (catatan: board ESP32 yang digunakan penyusun untuk praktek).

Menyalakan LED

Proyek-proyek dasar biasanya menggunakan LED sebagai bahan praktek. Selain harganya murah, juga kemudahan dalam pemahaman cara kerjanya. Pada proyek web server sebelumnya, web server digunakan untuk menampilkan tulisan di smartphone saat ter koneksi dengan ESP32.

red on green on



Kali ini web server tidak hanya menampilkan tulisan, tapi juga mengendalikan led. Alat dan bahan yang digunakan sebagai berikut
  • Board ESP32
  • 1 Led warna merah, 1 led warna hijau
  • 2 Resistor 1 K ohm
  • Jumper secukupnya
  • Breadboard
  • Kabel data
Hubungkan kabel data dengan ESP32, konfigurasi board dan port nya. Kemudian copy program dibawah ini. Langkah-langkah upload kode ke ESP32, bisa dilihat di artikel Seting ESP32 Untuk Pemula.
 

Rangkai Led, resistor dan jumper pada papan breadboard. 

breadboard led


Dari pin D26 ESP32 di hubung ke resistor yang menempel dengan pin negatif (-) led merah. Pin D27 ke resistor yang menempel dengan pin negatif (-) led hijau. 

esp32 jumper




Sedangkan Vin dihubung ke pin positif (+) masing-masing led.

Prinsip Kerja

Aktifkan wifi pada smartphone, hubungkan ke SSID yang dipancarkan ESP32 dan masukkan passwordnya. Pada serial monitor bisa dilihat, IP address yang diberikan ESP32 untuk mengakses web server.

serial monitor web server


IP address di input pada address di browser, misal google chrome.

ip address


Tampil isi dari web server. Ada 2 tombol berbentuk lingkaran yang bisa di tap. Tombol ini untuk menyalakan dan mematikan led. 

on off red green

Perhatikan keterangan pada PIN D26 - State dan PIN D27 - State, tampilan ON/OFF selalu kebalikan dari nyala led. Bila led merah menyala, dan tombolnya bertuliskan ON, maka keterangan PIN D26 - State off. Begitu juga untuk pin D27.

Vin memberikan tegangan output 5 volt positif. Pada saat PIN D26 ON, pin tersebut memberikan tegangan output positif. Akibatnya kedua pin pada led masing-masing mendapatkan tegangan positif, maka led tidak menyala. Ketika PIN D26 OFF, pin bernilai 0 volt, akibatnya terjadi beda tegangan antara pin positif dan pin negatif pada led, led menyala.

Proyek sederhana web server esp32 ini bisa dikembangkan dengan mengganti led menggunakan komponen elektronik yang lain, misal relai. 
Semoga bermanfaat


Link pembelian barang

Posting Komentar untuk "Menyalakan LED Via Web Server ESP32 Mode Soft AP"