Mengenal Motor Driver Shield For Arduino L293D

l293d motor shield


Motor driver untuk arduino tersedia dengan banyak tipe di pasaran. Yang paling banyak digunakan yaitu L298N dan L293D. Kalau hanya untuk men drive 2 motor dc, pilihannya pada L298N. Bila membutuhkan lebih banyak lagi motor dc, pilihannya pada L293D. Driver ini bisa mengendalikan 4 motor dc sekaligus, cocok untuk proyek arduino yang membutuhkan 4 motor, yaitu mobil.


motor driver
Keistimewaan modul motor driver L293D adalah berbentuk shield (tameng). Jumlah dan jarak pin-pin nya pas dengan pin arduino sehingga bisa di tangkup kan dengan board arduino. Kombinasi ini akan menghemat ruang dan pengkabelan, juga menambah ke praktis an dalam aplikasi sebuah proyek. 

arduino with l293d



Pilihan Catu Daya

Penggunaan Motor dc, motor stepper dan servo mengharuskan memberikan catu daya terpisah pada driver. Catu daya tersebut di distribusikan dari driver ke motor. Ada beberapa opsi penggunaan catu daya pada modul L293D.
  • Satu sumber. Bila opsi ini dipilih, tegangan maksimal 12 volt bisa di lewatkan melalui EXT_PWR dengan power jumper tetap terpasang. Arduino mendapat sumber tegangan dari modul driver L293D. Harus di perhatikan jika menggunakan opsi ini, sumber tegangan yang melalui port EXT_PWR maksimal 12 volt, jika melebihi bisa merusak komponen.

power jumper


  • Dua sumber. Arduino mendapat catu daya sendiri. Bisa melalui port USB sebesar 5 Volt, atau melalui power jack maksimal 12 volt, bisa juga melalui Vin maksimal 12 volt. Sedangkan modul L293D sumber tegangan maksimal sebesar 25 volt, disesuaikan dengan kebutuhan tegangan motor yang dipakai. Bila menggunakan opsi ini power jumper harus dilepas.
Untuk memilih opsi catu daya, disesuaikan dengan kebutuhan.

Output

Driver bisa digunakan untuk output 4 motor DC secara bersamaan. Bisa digunakan untuk menggerakkan 2 motor stepper. Tersedia juga konektor untuk menggerakkan motor servo.

output l293d

Motor driver shield L293D cukup memadai untuk penggunaan proyek-proyek sederhana. 

Library

Modul L293D memerlukan library khusus untuk kemudahan dalam memprogram. Library yang digunakan adalah AFMotor.h. Library tersedia di Adafruit Motor Shield Library. Untuk menambahkan library ke menu Sketch > Include Library > Manage Libraries. Pada pencarian ketik "motor shield"


afmotor library


Install Adafruit Motor shield V1 firmware. Dengan library ini, bisa digunakan untuk memprogram motor dc, stepper unipolar dan bipolar serta motor servo. Jadi lebih sederhana tidak harus ganti macam-macam library.

Itulah penjelasan tentang motor driver shield L293D, bisa di gunakan sebagai referensi membuat proyek-proyek menggunakan motor. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Mengenal Motor Driver Shield For Arduino L293D"