Belajar Python, Menggunakan Number

integer

Pemrograman tidak lepas dari penggunaan number (angka). Seperti halnya string (huruf), angka selalu digunakan dalam pemrograman dan sangat jarang script python di buat tanpa menggunakan angka. Python mengenal 3 jenis angka yaitu integers, floating-point numbers dan complex numbers. Masing-masing angka mempunyai format penulisan berbeda. Kita pelajari masing-masing angka

Integers

Integers adalah bilangan bulat tanpa koma. Contoh integers = 3 ; 1200 ; -2 dan seterusnya. Pada python type integers tertulis dengan int. Untuk membuktikan number dengan tipe integers gunakan script berikut ini

a = 3
b = 1200
c = -2
print(type(a))
print(type(b))
print(type(c))

Output 

<class 'int'>
<class 'int'>
<class 'int'>

Format penulisan integers dengan cara menuliskan angka setelah variabel dengan di dahului tanda baca sama dengan. Misal menuliskan angka dengan menggunakan tanda petik, angka tersebut terdeteksi sebagai string. Untuk mengubah string menjadi integers menggunakan format int(x) dengan x tipe data string.

a = "3"
b = int(a)
print(type(a))
print(type(b))
print(a * 2)
print(b * 2)

Output

<class 'str'>
<class 'int'>
33
6

Tipe integer bisa diterapkan operasi matematika, misal penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Sedangkan tipe string tidak bisa, walaupun sama-sama berupa angka. Pada contoh diatas string di kalikan dengan 2 maka hasilnya string tersebut tercetak dua kali. 

Integer yang dijelaskan sebelumnya adalah integer desimal, yaitu integer dengan bilangan dasar 10. Bagaimana penulisan untuk integer bilangan biner, oktal dan heksadesimal.

number system

Format nya dengan menambahkan prefix sebelum sistem bilangan yang dimaksud. Output nya berupa nilai desimal dari sistem bilangan yang tertulis.

print(0b1011011) #bilangan biner
print(0o760) #bilangan oktal
print(0xAE0) #bilangan heksadesimal

Output

91
496
2784


Itulah penjelasan penggunaan integer pada bahasa pemrograman python. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Belajar Python, Menggunakan Number "