Menghubungkan 2 Komputer di Cisco Packet Tracer

cisco packet tracer

Cisco packet tracer adalah aplikasi populer yang sering di gunakan mahasiswa yang belajar networking, juga siswa SMK khususnya jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Aplikasi ini gratis, namun untuk download dan menggunakannya diharuskan membuat akun di netacad. Untuk link downloadnya bisa didapatkan disini

Tutorial menggunakan cisco packet tracer versi 8.1.1 

version cisco

Materi awal yang kita pelajari adalah membuat network. Seperti kita ketahui definisi network adalah 2 atau lebih komputer yang saling terhubung. Maka tutorial yang dilakukan adalah menghubungkan 2 komputer.

Langkah Praktek

Pada tampilan awal packet tracer, pilih End Device > PC. Metode yang digunakan bisa drag and drop. Bisa juga dengan click and drop. Pilih pada perangkat yang ingin ditambahkan, klik, bawa ke bagian tengah, klik kembali. Komponen yang di inginkan berada di layar kerja. 

end device



Lakukan hal yang sama untuk menambahkan komputer yang lain. Sekarang ada 2 komputer yang belum terhubung. Untuk memudahkan identifikasi perangkat, nama perangkat bisa di rename sesuai keinginan.


2 computer not connected



Hubungkan 2 komputer dengan kabel cross over. Pilih Connections > Copper Cross-Over. Cursor berubah seperti gambar konektor.

cross over



Klik pada Komputer1 muncul pilihan port yang bisa di gunakan untuk menghubungkan komputer. Pilih FastEthernet0



Klik Komputer2, lakukan hal yang sama. Sekarang dua komputer terhubung dengan kabel cros over, dicirikan dengan garis tebal putus-putus.

2 computer connected



Langkah selanjutnya, konfigurasi pada masing-masing komputer. Klik Komputer1, muncul jendela properties, pilih Desktop > IP Configuration.


desktop properties



Langkah konfigurasi sama persis ketika melakukan setting network and sharing center di Windows. Pilih Static isi IPv4 Address dengan alamat 192.168.123.4, klik pada baris Subnet MaskSubnet Mask akan terisi secara otomatis. Close.


ip address



Lakukan konfigurasi pada Komputer2. Masukkan alamat 192.168.123.5. Sekarang 2 komputer sudah terhubung. Langkah terakhir adalah melakukan testing atau pembuktian. Tool yang bisa digunakan untuk cek koneksi bisa menggunakan Command Prompt di jendela properties komputer. Lakukan perintah ping antara dua komputer.

Tool yang lain bisa menggunakan Simple PDU. Cara ini lebih cepat dilakukan. Pilih Add Simple PDU (P) klik di Komputer1 di lanjutkan klik Komputer2.


simple pdu

Di jendela status bisa dilihat, hasil testing. Source = Komputer1 dan Destination = Komputer2 keterangannya sukses. Itu berarti konfigurasi IP address sudah benar, pemakaian kabel sudah tepat.

succesful



Kesimpulannya: praktek real dengan menggunakan 2 komputer sungguhan dan kabel UTP cross-over, hasilnya sama walau hanya dengan aplikasi cisco packet tracer. Aplikasi ini bisa menjadi solusi bila peralatan yang tersedia kurang memadai. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Menghubungkan 2 Komputer di Cisco Packet Tracer"