Perbedaan Penggunaan ping dan tracert

ping and tracert


Command prompt adalah tool serbaguna bawaan windows, dengan command prompt beberapa troubleshooting bisa ditemukan solusinya. Begitu halnya pada kasus troubleshooting jaringan, keberadaan command prompt sangat dirasakan manfaatnya.

Ada perintah di command prompt yang sering digunakan untuk troubleshooting jaringan, yaitu ping dan tracert. Dua perintah ini sangat berguna untuk mendiagnosa jaringan. 

ping

Perintah ping bekerja dengan cara mengirim paket ke alamat yang ditentukan, pengirim paket menunggu balasan dari alamat tersebut. Perjalanan paket dari mulai dikirim dan balik lagi ke pengirim memerlukan waktu. Makin cepat paket kembali ke pengirim, maka makin bagus koneksi antara pengirim dan tujuan. Bila melakukan ping ke 2 alamat tujuan yang berbeda dengan memakai jaringan yang sama, bisa disimpulkan letak server dari 2 alamat tujuan tersebut. Perhatikan perintah ping dibawah ini

ping


Domain ditempel.com lokasi server nya lebih dekat dibanding domain debian.org.

tracert

Untuk mengetahui tujuan paket, ip address yang dilewati, dan waktu yang perlukan, maka perintah yang digunakan adalah tracert. Perhatikan perintah tracert berikut ini

tracert


Nomor urut di sebelah kiri di namai "hop" yaitu langkah yang dilakukan data menuju server. Hop akan melewati beberapa titik, yang ditandai dengan perubahan ip address pada setiap hop. IP address yang tampil mewakili router yang dilewati. 

Umumnya hop di bagi 3 bagian:

1. Hop 1 - 3 perangkat terdekat dengan komputer pengirim perintah tracert

2. Hop di tengah adalah ISP, tertulis pandawa.net.id, beberapa hop setelahnya masih milik ISP sampai beberapa hop (tidak pasti sampai hop ke berapa)

3. Hop terakhir adalah milik server tujuan.

Dari penjelasan diatas bisa di simpul kan penggunaan ping dan tracert. Kedua perintah hampir mempunyai fungsi yang sama yaitu menganalisis kualitas jaringan antara user ke server. Untuk mendapatkan hasil yang cepat tapi tidak terperinci perintah ping bisa digunakan. Bila menginginkan data yang detail bisa menggunakan perintah tracert, tapi tampilan hasilnya sedikit lebih lama. Selamat mencoba.



Posting Komentar untuk "Perbedaan Penggunaan ping dan tracert"