Menghubungkan Keypad 4x4 dengan Arduino

keypad 4x4


Arduino mendapatkan input dari sensor yang terhubung ke arduino. Input ini tidak hanya berupa sensor. Seperti halnya komputer yang mempunyai perangkat input keyboard, pada arduino juga ada keypad yang berfungsi sebagai input. Input dari keypad diperlukan untuk menerima masukan berupa huruf, angka dan tanda baca.

Keypad 4 x 4

Tersedia beberapa tipe keypad untuk arduino, salah satunya keypad 4 x 4. Keypad ini terdiri angka 0-9 dan huruf A,B,C,D disertai dengan dua simbol, * (tanda bintang) dan # (tanda pagar). 16 karakter ini cukup memadai untuk ukuran arduino. Aplikasi sederhana yang menggunakan input keypad diantaranya input password.

keypad 4x4

Terdapat 8 pin keluaran pada keypad. Pin diberi tanda dengan R dan C untuk mengidentifikasi Row (baris) dan column (kolom). Pin ini dihubungkan ke board arduino.


keypad 4x4




Library Keypad

Untuk menggunakan keypad terlebih dahulu menambahkan library ke board arduino. Ke menu Sketch > Include Library > Manage libraries... Ketik keypad. Scroll kebawah untuk mencari library yang di maksud. Kemudian install.

library keypad


Konfigurasi Keypad

Keypad dihubungkan ke arduino menggunakan kabel jumper. Urutannya sebagai berikut 

pin


Bila salah satu koneksi terganggu atau tidak tersambung, ada karakter yang tidak bisa ditampilkan. Mengikuti posisi baris dan kolom yang terputus.


keypad 4x4

Kode

Berikut ini script arduino yang digunakan untuk mengfungsikan keypad sebagai input karakter.



Untuk melihat tombol apa yang kita tekan, buka serial monitor. Tekan tombol yang di inginkan, pada monitor tampil keterangan tombol apa yang ditekan. 


keypad monitor

Bila semua karakter bisa ditampilkan, koneksi keypad dan board arduino sudah benar. Kita akan gunakan proyek ini untuk membuat proyek berikutnya yang menggunakan keypad. 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Menghubungkan Keypad 4x4 dengan Arduino"