Pengertian Network Operating System

nos


Sistem operasi memungkinkan hardware bisa di gunakan. Komputer tidak bisa digunakan tanpa adanya sistem operasi. Contoh sistem operasi yang kita kenal adalah sistem operasi Windows 10, yang di install pada PC desktop maupun notebook keluaran terbaru. Ada juga Android 11, sistem operasi ini digunakan pada perangkat smartphone terbaru. 

os

Pembuat hardware dan software merupakan perusahaan yang berbeda. Namun ada juga perusahaan yang membuat hardware sekaligus software nya yaitu Apple. MacBook Pro adalah merk notebook/laptop buatan Apple, dibekali dengan sistem operasi macOS Monterey juga buatan Apple. 


macbook


Network Operating System

Sistem operasi pada awalnya dibuat untuk kebutuhan personal atau pribadi, feature yang disematkan pun untuk kebutuhan sederhana, misal membuat dokumen, membuat tabel, database dan seterusnya. Itu pun dilakukan untuk keperluan komputer itu sendiri. Sehingga keperluan berbagi files dan resource tidak bisa dilakukan.


Untuk menjawab tantangan tersebut, maka di buat lah NOS (network operating system) yang dirancang untuk banyak pengguna berbagi file dan sumberdaya melalui jaringan. Di NOS, manajemen jaringan lebih mudah di lakukan. Misal untuk membangun server, setting web server, FTP dan seterusnya.

Contoh NOS

NOS sudah pasti berharga mahal untuk setiap lisensinya, namun tidak untuk NOS yang berbasis LINUX. Lisensi untuk pengguna NOS linux, free artinya gratis, bebas di gunakan untuk keperluan apapun. 

debian


Keistimewaan linux yang lain adalah ada yang versi CLI (command line interface), dengan menghilangkan tampilan grafis yang menghabiskan resource hardware server. Kinerja server yang berbasis CLI tentunya lebih enteng dan powerfull. Berikut ini contoh beberapa NOS,

1. Microsoft: Windows Server 2019
2. Apple: Mac OS Server 
3. Linux: Debian, Ubuntu, Redhat dan seterusnya.

Untuk praktek dan bahan latihan, pilihan NOS Linux adalah pilihan tepat. Salah satu distro linux yang bisa dipakai adalah Debian. Selamat mencoba. 


Posting Komentar untuk "Pengertian Network Operating System"