Konfigurasi SSH Server Pada Debian 11

ssh server

SSH adalah protokol yang digunakan untuk management server. Dengan bantuan SSH (secure shell atau secure socket shell) server bisa di konfigurasi dari tempat jauh. Dan juga tidak diperlukan monitor ataupun keyboard yang terhubung ke server. 

Sebelum bisa menggunakan SSH server tentunya di perlukan konfigurasi terlebih dahulu di server nya. Pada langkah ini, kita harus konfigurasi server secara langsung. Ada keyboard dan monitor yang terhubung. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi server.

Instalasi Server

Server memerlukan NOS (network operating system) untuk menjalankan fungsinya. Kita akan gunakan Debian 11 sebagai NOS nya. Pertama yang kita lakukan adalah install Debian. Langkah-langkah install debian bisa baca disini. Setelah langkah instalasi, konfigurasi IP address, agar router terkoneksi ke internet. Lakukan cek ping untuk memastikan koneksi ke internet. Langkah selanjutnya update repository. Tambahkan repository Debian 11

repo

Konfigurasi SSH Server Pada Real Server

Tutorial ini dilakukan pada real server artinya Debian di install pada perangkat server secara langsung. Dan tersedia IP Public yang terhubung ke server. Berikut tangkapan layar konfigurasi yang dilakukan

interfaces


ditempel


Debian menggunakan IP private. IP public terinstall di router mikrotik. Dengan melakukan konfigurasi firewall, server bisa di akses menggunakan ip public. Cara konfigurasi router mikrotik, bisa di lihat disini.




Setelah Debian 11 terhubung ke internet dan dilakukan konfigurasi pada router mikrotik. Jalankan perintah update

# apt update

Perlu beberapa menit untuk menyelesaikan proses update Debian. Kemudian install SSH

# apt install openssh-server

Tunggu hingga selesai.

openssh

Sekarang server bisa di akses menggunakan SSH. Aplikasi yang bisa digunakan sebagai console SSH adalah Putty. Apa itu Putty? penjelasannya bisa di lihat di artikel Apa Itu Aplikasi PuTTY . Jalankan putty, isi hostname dengan user (user yang dikonfigurasi saat instalasi Debian 11) dan ip address public. Port secara default terisi dengan port 22 > Open.


putty

Tampil prompt Debian untuk memasukkan password user.


user

Konfigurasi ssh server debian 11 sudah dilakukan pada real server. Sekarang Debian 11 siap di konfigurasi melalui SSH.


user rudi

Hal yang perlu di perhatikan saat konfigurasi SSH adalah konfigurasi di router mikrotik nya. Pada bagian firewall. Bila konfigurasi tidak tepat, akses SSH tidak mungkin bisa dilakukan. 

Semoga bermanfaat.



4 komentar untuk "Konfigurasi SSH Server Pada Debian 11"

  1. min kalau login langsung sebagai root /super user gimana min? tanpa harus login dulu sebagai reguler user?

    BalasHapus
    Balasan
    1. login dengan akun = root , kemudian masukkan password root (yg ditentukan saat install) atau di tanda dollar ketik su kemudian masukan password akunnya

      Hapus