Apa Itu Standar 100Base-FX

100base-fx table


Standar 100BASE-FX adalah sebuah standar yang menggambarkan metode pengiriman data pada jaringan Fast Ethernet menggunakan serat optik sebagai media transmisi. Berikut penjelasan mengenai standar 100BASE-FX.

1. Kecepatan dan Jarak

Standar 100BASE-FX mendukung kecepatan transfer data sebesar 100 Mbps (Megabits per second). Serat optik yang digunakan biasanya adalah serat multimode dengan panjang gelombang 1300 nanometer. Jarak maksimal yang dapat dicapai adalah 2 kilometer untuk serat multimode dan 15 kilometer untuk serat single mode.

2. Antarmuka Fisik

Standar 100BASE-FX menggunakan konektor serat optik SC (Subscriber Connector) atau ST (Straight Tip). Konektor SC adalah jenis konektor yang paling umum digunakan dalam implementasi 100BASE-FX. Kabel serat optik dengan konektor SC atau ST digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan, seperti switch atau router, dengan media converter atau perangkat jaringan lainnya.


100basefx converter


3. Metode Transmisi

Standar 100BASE-FX menggunakan metode transmisi basis-bandwidth, yang berarti sinyal digital dikirimkan menggunakan seluruh lebar pita serat optik. Metode transmisi ini menggunakan modulasi NRZI (Non-Return to Zero Inverted), di mana tiap bit data direpresentasikan oleh perubahan atau ketiadaan perubahan pada sinyal optik yang dikirimkan.


fo cable


4. Half Duplex atau Full Duplex

Standar 100BASE-FX mendukung mode transmisi half duplex dan full duplex. Dalam mode half duplex, data dapat dikirimkan dalam satu arah pada satu waktu. Dalam mode full duplex, data dapat dikirimkan secara simultan dalam dua arah, memungkinkan komunikasi dua arah secara paralel.

5. Manajemen Jaringan

Standar 100BASE-FX juga mendukung fitur-fitur manajemen jaringan, seperti Auto-Negotiation dan Flow Control. Auto-Negotiation memungkinkan perangkat yang terhubung untuk bernegosiasi kecepatan dan mode transmisi yang sesuai secara otomatis. Flow Control digunakan untuk mengontrol aliran data agar terjadi pengaturan yang lebih efisien saat ada perbedaan kecepatan antara pengirim dan penerima.

6. Keamanan dan Reliabilitas

Serat optik yang digunakan dalam 100BASE-FX memiliki keuntungan keamanan dan kehandalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tembaga. Serat optik tidak rentan terhadap gangguan elektromagnetik atau interferensi, sehingga sinyal dapat dikirimkan dengan kestabilan yang lebih baik.



Posting Komentar untuk "Apa Itu Standar 100Base-FX"