Pengertian DNS

dns

Apa itu DNS? Ketika akses suatu website misal facebook, pertama kita ketik di address browser google chrome kata facebook maka yang tampil adalah hasil pencarian dari google untuk kata facebook. Tinggal klik salah satu link yang disarankan google, kita bisa meng akses website facebook. Kedua dengan cara mengetik facebook.com di address, akan tampil website facebook tanpa kemunculan daftar pencarian facebook seperti pada langkah pertama.


search facebook


facebook.com disebut domain. Layanan DNS (domain name system) memungkinkan client akses suatu web dengan menggunakan kata atau huruf. Fungsinya agar suatu web mudah di ingat, sehingga suatu saat ingin berkunjung kembali ke sebuah website, tinggal mengetikkan domain yang dimaksud, yang mewakili suatu website. Website yang akan kita akses langsung terbuka.


facebook

Pengertian DNS

Bisa disimpulkan DNS adalah mekanisme yang merubah nama domain menjadi IP address karena semua komputer yang ada di seluruh dunia bisa dikenali berdasarkan IP address. Adakalanya suatu domain tidak hanya mewakili satu IP address, bisa beberapa IP address. Misal google.com, IP address yang mewakilinya lebih dari satu.

DNS Server

Layanan DNS dilakukan oleh DNS Server, Yaitu server yang memiliki database (kumpulan data) IP public yang terkait dengan domain atau website. 

Bagian-Bagian Domain

Sebuah domain terdiri dari beberapa bagian. Perhatikan nama domain berikut ini

trends.google.com

.com disebut sebagai TLD (top level domain)
google disebut second level domain
trends disebut third level domain bisa juga disebut subdomain.

Itulah penjelasan tentang DNS. Semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "Pengertian DNS"