Kode Beep di MikroTik

beep on mikrotik




Kode beep sudah kita ketahui, pada komputer. Pada saat booting, BIOS melakukan serangkaian testing pada perangkat keras. Bila ada salah satu hardware yang berjalan tidak normal atau tidak berfungsi, maka akan terdengar kode beep. Kode beep adalah suara tit yang berasal dari buzzer (speaker mini). Kombinasi suara tit panjang atau pendek, atau gabungan, bisa diketahui bagian hardware yang tidak berfungsi.


buzzer




Cek Kode Beep

Pada router MikroTik tipe tertentu, kode beep juga di gunakan. Untuk mengetahui apakah router bisa mengeluarkan bunyi beep atau tidak, bisa di cek melalui New Terminal. Ketik beep pada new terminal. Disini router yang digunakan adalah RB951Ui-2HnD.


beep code


Bila terdengar bunyi tit, berarti router support kode beep. 

Kode beep pada router MikroTik digunakan untuk memberikan notifikasi atau indikasi suara terkait dengan beberapa kejadian yang terjadi pada router. Saat apa bunyi tit terdengar dari router? Berikut rangkumannya.

Kode Beep Router Mikrotik

1. Notifikasi Startup: Saat router MikroTik dinyalakan, beep dapat digunakan untuk memberi tahu admin bahwa booting telah selesai dan router siap digunakan.

2. Error Indication: Jika terjadi kesalahan atau masalah pada router MikroTik, beep dapat digunakan sebagai indikator suara bila ada kesalahan. Misalnya, ketika ada kesalahan konfigurasi atau saat terjadi kegagalan dalam proses booting.

3. Kejadian Penting: Beep dapat diprogram untuk memberikan notifikasi saat terjadi kejadian penting pada router MikroTik, seperti ketika ada perubahan pada tautan jaringan, penyerangan (attack), atau akses tidak sah ke router.

4. Konfirmasi Aksi: Beep dapat digunakan sebagai respons terhadap tindakan yang diambil oleh admin. Misalnya, ketika melakukan konfigurasi atau mengubah pengaturan tertentu pada router, beep dapat memberikan konfirmasi bahwa aksi tersebut telah berhasil dilakukan.

5. Monitoring: Beep juga dapat digunakan sebagai alat pemantauan untuk memberi tahu admin saat terjadi perubahan atau kondisi tertentu pada router MikroTik. Misalnya, beep dapat diprogram untuk berbunyi saat penggunaan CPU mencapai batas tertentu atau saat terjadi peningkatan lalu lintas jaringan yang signifikan.

Agar router bisa melakukan aksi seperti di jelaskan diatas, router MikroTik harus diprogram dan dikonfigurasi terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. 



Posting Komentar untuk "Kode Beep di MikroTik"