Time To Live (TTL) Pada Perintah PING

ttl cover


Perintah PING sering kita lakukan untuk mengecek kondisi koneksi jaringan. Tool yang digunakan adalah aplikasi bawaan sistem operasi windows yaitu command prompt. Output dari perintah PING berupa balasan dari IP address atau dari domain yang mengandung TTL dan time. Bila koneksi terjadi dan terhubung kita menyebutnya reply


ttl cmd

Arti TTL

TTL, atau Time to Live, adalah salah satu bagian dari paket data yang digunakan dalam protokol Internet Protocol (IP). TTL adalah bilangan bulat yang menentukan berapa lama sebuah paket data boleh berada di dalam jaringan sebelum dihapus. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah paket data yang salah arah atau terjebak dalam loop tak terbatas di dalam jaringan.

TTL diterapkan sebagai penghitung atau penanda waktu yang tertanam dalam setiap paket. Ketika batas waktu yang telah ditentukan atau jumlah peristiwa yang telah dihitung habis, paket tersebut akan dibuang atau divalidasi kembali.

Dalam jaringan, TTL mencegah paket data bergerak melintasi jaringan tanpa batas waktu. Dalam aplikasi, TTL mengelola penyimpanan sementara data (caching) dan meningkatkan kinerja. TTL juga digunakan dalam konteks lain, seperti caching dalam jaringan pengiriman konten dan caching sistem nama domain (DNS).

Cara Kerja TTL

Administrator dapat mengatur TTL ke nilai apa pun antara 1 dan 255. Namun, sistem operasi yang berbeda dapat memiliki nilai default yang berbeda.

Ketika sebuah paket diteruskan oleh sebuah router, router tersebut mengurangkan 1 dari hitungan TTL. Kemudian, paket tersebut bergerak ke tujuan berikutnya dalam jaringan. Ketika hitungan TTL mencapai 0 setelah pengurangan terakhir, paket tersebut akan dibuang oleh router. Hal ini menghasilkan pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) yang dikirim kembali ke host asal.

Tujuan dari TTL, yang juga disebut sebagai batas lompatan (hop limit), adalah untuk mencegah aliran paket yang tidak dapat disampaikan yang terjebak dalam lingkaran rute beredar selamanya dan menghambat jaringan.

Selain membatasi masa paket data, TTL juga membantu menentukan berapa lama paket tersebut telah beredar dan berapa lama akan terus bergerak melalui jaringan. Informasi ini memberikan pengirim detail tentang jalur paket melalui internet.

Fungsi TTL

  • Mencegah Loop Tak Terbatas: TTL membantu mencegah paket data yang terperangkap dalam loop tak terbatas dalam jaringan, yang bisa menghabiskan sumber daya dan mengganggu kinerja jaringan.

  • Menentukan Batasan Maksimum: TTL membatasi berapa jauh paket data dapat bergerak melalui jaringan. Ini penting untuk menghindari pengiriman data yang beredar terlalu lama di jaringan.

  • Pemecahan Masalah: TTL juga bisa digunakan sebagai alat pemecahan masalah. Jika Anda melihat nilai TTL yang rendah atau berubah-ubah saat melakukan ping ke tujuan, ini bisa mengindikasikan masalah dalam perjalanan paket data ke tujuan.

Jadi, ketika Anda melakukan ping ke suatu host, TTL akan membantu memantau jarak dan waktu yang diperlukan oleh paket data untuk mencapai tujuan dan kembali. Hal ini bisa membantu dalam pemecahan masalah jaringan dan memastikan bahwa paket data tidak beredar di dalam jaringan selamanya.


Posting Komentar untuk "Time To Live (TTL) Pada Perintah PING"