NAND Gate dengan IC 74HC00 di Tinkercad

cover nand gate


Belajar gerbang logika bisa menggunakan berbagai macam cara. Bisa dengan IC sungguhan ataupun dengan simulasi. Banyak platform yang bisa digunakan untuk mencoba simulasi gerbang logika, diantaranya logicly, tinkercad dan masih banyak lagi.

Untuk memulai sebaiknya mencoba dulu yang simulasi, ketika rangkaian sudah terbuat bisa dilanjutkan ke rangkaian sebenarnya. Mendapatkan IC gerbang logika bisa dengan cara membeli online. Tersedia banyak spesifikasi untuk masing masing gerbang. Misal untuk gerbang logika OR, tersedia yang 2 input, 3 input dan seterusnya. Sesuaikan dengan rangkaian yang kita inginkan.

Gerbang Logika NAND

Tutorial ini akan membahas gerbang logika NAND. Untuk gerbang logika OR dan AND telah dibahas di blog ini. Berikut ini simbol dan tabel kebenaran gerbang logika NAND


nand gate



Dilihat dari simbolnya, gerbang NAND agak mirip dengan gerbang AND, perbedaannya terletak pada inverter sebelum output. 

Tabel Kebenaran NAND Gate
  INPUT   OUTPUT
A B Y
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Dari tabel kebenaran tersebut, keluaran akan bernilai 1 bila salah satu input atau kedua-duanya bernilai 0. Bisa dilihat kembali tabel kebenaran AND gate. Keluaran NAND Gate adalah kebalikan dari AND gate karena keberadaan inverter sebelum output.

Simulasi Tinkercad

Gerbang NAND tersedia dalam bentuk IC. Tipe IC 7400 terdiri dari 4 buah gerbang NAND dengan 2 input.

7400 pin


Kita bisa simulasikan IC 7400 di Tinkercad. Komponen yang dibutuhkan adalah

  1. IC 74HC00
  2. Slideswitch (2 buah)
  3. LED
  4. Resistor
  5. Power Supply
  6. Breadboard
Rangkai komponen seperti pada gambar di bawah ini


nand tinkercad


Gerbang NAND yang dipakai 1 buah, dengan input pada pin nomor 9 dan 10, output pin nomor 8. Untuk melihat nilai output, rangkaian di simulasikan. Geser slideswitch ke kiri, input akan terhubung ke terminal negatif artinya input di beri masukan nilai 0. Kebalikannya, saat di geser ke kanan terhubung dengan terminal positif, input bernilai 1. 

Kombinasi dari Input A dan B, slideswitch atas dan bawah, akan dihasilkan nilai output. Output di indikasikan dengan nyala LED. LED menyala berarti bernilai 1, LED padam bernilai 0. Cocokkan hasil simulasi dengan tabel kebenaran. 

Selamat mencoba.




Posting Komentar untuk "NAND Gate dengan IC 74HC00 di Tinkercad"