Mengenal Bluesky, Media Sosial Mirip Twitter

bluesky

 

Platform media sosial banyak bermunculan, namun sebagian menghilang begitu saja. Ada beberapa yang masih exist dan bahkan makin besar. Media sosial yang kita kenal sekarang ini adalah media sosial yang tetap bertahan dan mempunyai jutaan akun terdaftar, diantaranya Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest dan seterusnya.

Ada juga media sosial yang masih eksis tapi belum populer sebut saja Bluesky. Media sosial ini sepintas lalu mirip dengan Twitter yang sekarang berubah jadi X.

Tampilan Bluesky

Bluesky adalah jejaring sosial mikroblogging terdesentralisasi dan open source yang mirip Twitter (X). Mungkin ada yang baru mendengar platform Bluesky. Bluesky di buat pada tahun 2019 oleh Jack Dorsey saat masih menjabat sebagai CEO Twitter.


ditempel bluesky


Itu sebabnya Bluesky sangat mirip sekali dengan Twitter, karena di kembangkan oleh tim yang sama. Pengguna dapat memposting skeets 300 karakter berupa foto dan GIF, tapi bukan video. Pengguna dapat membalas, memposting ulang, mengutip posting, dan menyukai posting. Ada juga beberapa feeds-following, popular with friends, Catch UP dan discover.  


main feeds

Home feed Bluesky tidak menggunakan algoritma. Artinya bukan terkenal atau tidak terkenal yang tampil di beranda. Tapi berdasarkan urutan kronologis semua pengikut. Anda dapat memilih apakah ingin melihat balasan, repost, dan kutipan postingan di timeline/linimasa. Jika ingin melihat balasan, dapat membatasinya hanya untuk pengikut dan menyesuaikan berapa banyak suka yang harus dimiliki balasan untuk ditampilkan di feed.

Membuat Akun Bluesky

Pertama yang dilakukan adalah menuju web resmi Bluesky. Pada tampilan awal pendaftaran, Anda diberi opsi untuk memilih hosting provider.


create account


Bluesky adalah media sosial terdesentralisasi. Jika mendaftar melalui situs web resmi Bluesky, Anda akan ditambahkan ke server utama bsky.sosial. Namun, dapat menghosting sendiri server Anda dan tetap berinteraksi dengan semua orang di bsky.social. Meskipun terdesentralisasi, Bluesky tidak menggunakan protokol yang sama seperti Instagram, sehingga tidak dapat berinteraksi dengan orang-orang di platform tersebut.


custom server bluesky

Selebihnya, proses pendaftaran mengikuti alur yang telah di tetapkan dan umum dilakukan untuk platform yang lain. Seperti email, password, dan seterusnya.

Setelah semua nya selesai, Akun Bluesky Anda siap digunakan. Yang ingin bernostalgia dengan platform burung biru, Anda mendapatkan gantinya, Kupu-kupu biru.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Mengenal Bluesky, Media Sosial Mirip Twitter"