Cara Kerja Gerbang Logika AND (IC 7408 dan Tinkercad)

and gate 7408


Sebelum mengenal microprocessor dan microcontroller sebaiknya memahami apa itu gerbang logika. Mengapa? karena dua komponen tersebut dibangun menggunakan jutaan gerbang logika, sehingga menjadi suatu komponen yang luar biasa fungsinya (bisa dilihat disini penjelasannya).

Gerbang Logika AND

Salah satu gerbang logika adalah AND. Gerbang logika AND minimal mempunyai 2 input dan 1 output. Simbolnya seperti ini

and gate

Dua input ini digunakan untuk menerima masukan berupa bilangan biner. Dengan mengikuti kaidah dan persamaan pada gerbang logika AND, kedua input di proses dan akan dihasilkan bilangan biner kembali pada output. Kaidah dan persamaannya seperti apa, bisa di lihat di tabel kebenaran untuk gerbang logika AND.




Representasi bilangan biner bisa diwujudkan dengan besaran tegangan. Pada input, representasi logic 1 adalah 2 volt - 5 volt, logic 0 adalah 0 volt - 0,8 volt. Untuk output, logic 1 = 2,7 volt - 5 volt, logic 0 = 0 volt - 0,4 volt. 

Simulasi Tinkercad

Bagaimana gerbang logika bekerja, bisa dipahami dengan simulasi menggunakan gerbang logika online, atau simulasi menggunakan IC Digital di Tinkercad (Cara pertama kali menggunakan tinkercad, bisa dilihat disini). Komponen yang harus di siapkan 
  1. IC 7408
  2. Power supply
  3. LED
  4. Slideswitch 2 buah
  5. Resistor 1 K ohm
Kemudian rangkai seperti gambar berikut

7408 and gate



IC yang digunakan adalah 7408, mempunyai 4 buah gerbang AND. masing-masing 2 input dan 1 output. Tegangan Vcc 5 volt.

diagram 7408


Saat di simulasi kan, slide switch di geser ke arah positif dan negatif. Input 1 berarti positif, input 0 negatif. Perhatikan output LED, bila menyala berarti output bernilai 1, bila padam berarti output 0. 

Hasil dari simulasi dibandingkan dengan tabel kebenaran, akan di dapat hasil yang sama.
Selamat Mencoba


Posting Komentar untuk "Cara Kerja Gerbang Logika AND (IC 7408 dan Tinkercad)"