Install Aplikasi dengan Ubuntu Software Center

ubuntu software


Hal yang paling ditakuti saat menggunakan sistem operasi Linux adalah menambah aplikasi. Proses installasi harus dilakukan di new terminal dengan mengetikkan sederet perintah. Tapi itu dulu, saat ini hampir semua distribusi linux yang berbasis GUI (graphical user interface), proses instalasi seperti di lakukan di sistem operasi Windows.

Cukup ke control panel dan programs and features, proses install dan uninstall dilakukan dengan mudah.

program and features


Ubuntu Software Center

Pada sistem operasi Ubuntu proses install di sediakan tool yang mirip di windows. Nama aplikasi tersebut adalah Ubuntu Software Center (USC).

usc link


USC adalah aplikasi grafis yang memungkinkan pengguna Ubuntu untuk mencari, memasang dan menghapus software dengan mudah. USC terintegrasi dengan sistem manajemen paket APT, sehingga user dapat mengelola software mereka dengan terpusat dan aman.

Fitur utama USC yaitu: Pencarian perangkat lunak (software), install, uninstall dan update. Selain itu ada fitur menampilkan informasi tentang kategori software, deskripsi dan sumber perangkat lunak. Penggunaan USC ini sangat membantu para pengguna Linux yang tidak mau direpotkan dengan script instalasi yang harus di hapal.

Install Blender Melalui Ubuntu Software

Sebagai contoh, tutorial install aplikasi Blender melalui USC. Pilih kategori Art and Design, kemudian pilih Blender.


usc view


Tampil deskripsi tentang aplikasi blender, disini kita bisa mengetahui ukuran file, versi dan testimoni dari user lain. Pada tahap ini kita bisa melanjutkan untuk install ataupun membatalkannya.


blender


Pilih Install, tampil authentication required yang mengharuskan kita memasukkan password. Proses instalasi berjalan.


cancel


Tunggu beberapa saat. Bila telah selesai, pada tulisan install berganti dengan trash icon. Artinya software sudah terinstal bila menginginkan di hapus kembali, tinggal klik trash icon tersebut. 

Pilih Show Applications, aplikasi blender telah terinstall dengan tampilnya icon blender.


show applications


Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "Install Aplikasi dengan Ubuntu Software Center"