Login Sebagai root di Ubuntu

root login


Berbeda dengan distribusi pada Debian, di Ubuntu login sebagai root harus di konfigurasi terlebih dahulu. Karena pada saat install, tidak ada prompt untuk memasukkan root password. Tapi hanya memasukkan nama user dan password nya, artinya bukan user root. Hal ini bisa di buktikan dengan login sebagai root atau super user di terminal.

authentication failure

root User

"root" user adalah akun tertinggi yang bisa digunakan pada Ubuntu dan distribusi Linux pada umumnya. Dengan akun ini, kita mendapat hak administratif penuh pada seluruh sistem untuk mengedit file konfigurasi dan melakukan perintah pada sistem. Karena sangat krusial nya akun root, maka secara default tidak aktif. Untuk meng aktifkannya diperlukan langkah-langkah tambahan.

Alternatif lain tanpa menggunakan akun root adalah dengan perintah SuperUser DO atau sudo. Perintah ini mempunyai ke istimewaan mirip dengan root tapi ada pembatasan-pembatasan pada perintah tertentu yang terlalu dalam menuju sistem.

Membuka Akun root

Di terminal ketikkan perintah berikut

$ sudo passwd root
Ubuntu menyarankan membuat password yang kuat. Terdiri dari 8 karakter, huruf, angka, simbol dan tidak sistematik. Namun jika kita tetap menggunakan password tidak sesuai persyaratan, pun tidak masalah. Ubuntu tetap menyetujui nya.

passwd root

Akun root sekarang bisa di akses, ketikkan perintah

$ su 
Masukkan password root yang telah dibuat. Akun root bisa di bedakan dengan tanda # di akhir baris.


root login

Semua perintah bisa dilakukan dengan akun root tanpa tambahan perintah sudo. Keluar dari akun root gunakan perintah

# exit

Jika suatu saat menginginkan menghapus akun root bisa dengan perintah

# passwd -l root

atau dengan login akun biasa

$ passwd -l root

Setelah perintah tersebut, password super user tidak dikenali. 

root deleted

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Login Sebagai root di Ubuntu"